Aneka Pilihan Masakan Timur Tengah untuk Berbuka Puasa

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Senin 27 Mar 2023 16:00 WIB

Chicken mandi rice, salah satu menu utama Ramadhan dari Aloft South Jakarta. Foto: Republika/Desy Susilawati Chicken mandi rice, salah satu menu utama Ramadhan dari Aloft South Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyemarakkan bulan Ramadhan, menu berbuka puasa yang spesial bisa disiapkan untuk keluarga. Agar menunya lebih bervariasi, masakan Timur Tengah juga dapat menjadi inspirasi.

Head Chef Aloft South Jakarta, Faisal Mustaqim, menjelaskan setidaknya ada banyak masakan khas Timur Tengah yang populer untuk dijadikan menu berbuka puasa. Dia merekomendasikan chicken mandhi rice, vegetable tagine, dan chicken curry.

Baca Juga

1. Chicken mandhi rice

Chef Faisal menjelaskan chicken mandi rice adalah hidangan nasi yang diberi bumbu berbagai rempah-rempah di antaranya saffron atau uma-kuma. Ini adalah nama untuk rempah-rempah dari bunga crocus sativus sekaligus nama umum untuk tanaman crocus sativus dari marga crocus famili Iridaceae.

Selain saffron, chef juga menambahkan pewarna makanan warna kuning, kismis, jahe, dan herba dari timur tengah seperti kapulaga, cengkih, dan kayu manis. Semua rempah dicampur menjadi satu kemudian dicampurkan dengan beras basmati.

Beras dan bumbu rempah diaron terlebih dahulu. Setelah itu baru dikukus bersama dengan ayam panggang.

"Jadi nasinya sudah ada aroma ayam, ada minyak ayam, dicampur dengan biryani rice," ungkapnya.

Rasa dari chichen mandhi rice ini cenderung pedas dari rempah, karena ada cengkeh dan kapulaga. Kardamon alias kapulaga adalah rempah asli dari Arab Saudi, namun sudah tersedia di Indonesia.

Chicken mandhi rice biasanya disajikan kalau ada pernikahan antarkerajaan. Aslinya, mandhi rice dipasangkan dengan lamb (domba). Di Indonesia, nasi mandhi cenderung dipasangkan dengan ayam karena orang Indonesia lebih suka ayam.

"Untuk netralisir kambing dengan kismis dan bawang merah digoreng. Jadi tidak terlalu blenek lemak semua," ungkapnya.