Selasa 21 Mar 2023 03:50 WIB

Menu Sahur Terbaik untuk Tubuh Fit Sepanjang Hari

Pastikan cukup minum saat sahur agar hidrasi tubuh terjaga.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Menjelang Ramadhan Anda bisa mulai menyusun menu untuk sahur dan berbuka nanti.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Menjelang Ramadhan Anda bisa mulai menyusun menu untuk sahur dan berbuka nanti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat sahur, tentu kita perlu menyiapkan cadangan energi agar siap menghadapi hari selama berpuasa. Lalu, menu makanan seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk sahur?

Chef Eki Kramadibrata mengatakan untuk menu sahur sebaiknya berupa makanan yang tidak terlalu mengenyangkan, namun juga tidak kurang gizinya. Sebaiknya, konsumsi makanan dengan gizi lengkap, yakni ada karbohidrat, protein, dan sayur.

Baca Juga

"Minimal tiga itu saja, kalau ada ekstra susunya silakan, ada ekstra gorengan tambahan misal bakwan jagung boleh saja. Tapi minimal tiga hal itu harus kemakan sih," kata chef Eki ketika ditanya Republika.co.id, di Mojokerto, Jawa Timur, belum lama ini.

Hal ini berguna untuk metabolisme tubuh sepanjang hari. Dengan begitu, tubuh tetap fit dan kita bisa menjalani puasa dengan baik. Selain itu, bisa juga konsumsi makanan berkuah untuk sahur, misalnya bakso, sup, atau makanan berkuah lainnya.

Dalam kesempatan terpisah, pakar gizi klinis Fiastuti Witjaksono mengatakan, sahur merupakan awal dari puasa, persiapan tubuh menghadapi puasa. Karena itu, jumlahnya asupan gizinya harus cukup dan lengkap.

"Lengkap itu ada sumber karbohidrat boleh nasi, nasi beras merah, dan lebih dianjurkan oat, kentang, atau makanan pengganti nasi yang lain," ujar Fiastuti beberapa waktu lalu.

Selain itu, pastikan ada protein lengkap di menu sahur. Protein bisa didapat dari ikan, ayam, telur, tahu, dan tempe. Fiastuti mengatakan, boleh menggunakan minyak sedikit untuk menumis supaya menambah cita rasa makanan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement