Mengapa Pemudik yang Gunakan Transportasi Umum Dilarang Bicara dan Terima Telepon?

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Reiny Dwinanda

Rabu 27 Apr 2022 19:46 WIB

Sejumlah penumpang menunggu waktu keberangkatan kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (27/4/2022). Lima hari jelang hari raya Idul Fitri 1433 Hijriah terdapat 17.400 penumpang kereta api melakukan mudik dari Stasiun Pasar Senen. Pemudik dilarang berbicara maupun menerima panggilan telepon di dalam transportasi umum. Foto:

1

Wiku mengingatkan pemudik tetap memakai masker selama di perjalanan. Masker perlu diganti secara berkala setiap empat jam sekali.

Selain itu, cuci tangan secara berkala, baik dengan sabun cuci tangan atau hand sanitizer. Cuci tangan setelah memegang benda tertentu atau beraktivitas.

Wiku pun meminta masyarakat meminimalisasi keikutsertaan kelompok lanjut usia (lansia) maupun penderita komorbid dalam pertemuan besar di Hari Raya Lebaran. Hal ini untuk mencegah penularan Covid-19 kepada kelompok tersebut selama masa mudik maupun Lebaran.

Wiku mengatakan, imbauan ini juga berlaku bagi masyarakat yang mudik sekaligus menjadi panduan ketika sampai di tempat tujuan. Wiku meminta masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, rajin mencuci tangan, dan sebisa mungkin menjaga jarak.

"Ketiga, tetap melakukan aktivitas di daerah tujuan sesuai dengan aturan PPKM leveling yang berlaku," ujar Wiku.

Terpopuler