Keistimewaan Lailatul Qadar

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Senin 25 Apr 2022 00:05 WIB

Umat muslim membaca Alquran (tadarus) saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1443 H di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Sabtu (23/4/2022) dini hari. Pada 10 hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, umat muslim melakukan Itikaf untuk meraih malam kemuliaan (Lailatul Qadar) dengan membaca Alquran, Shalat Tahajud dan berzikir. Keistimewaan Lailatul Qadar Foto:

1

2. Menghadiri sholat di masjid

Sebagian besar masjid mencoba untuk mengakhiri bacaan Alquran mereka pada malam yang ganjil. Setelah itu, mereka memanfaatkan sisanya dengan berdoa. Coba pergi ke masjid untuk berdoa meminta semua yang Anda inginkan.

3. Bacalah Alquran

Hal lain yang harus dilakukan pada lailatul qadar adalah membaca surah dari kitab suci Alquran. Muslim percaya bahwa membaca surah yang lebih panjang dengan terjemahan dan merenungkan penjelasannya membersihkan dosa-dosa Anda sebelumnya.

4. Sedekah atau beramal

Menurut sumber Islam, pahala bersedekah di bulan Ramadhan dikalikan 70 kali lipat. Disebutkan pula bahwa pahala satu kebaikan pada malam istimewa ini sama dengan melakukannya terus menerus selama 83 tahun. Jadi, jika Anda ingin menyenangkan Allah dan dosa-dosa masa lalu Anda diampuni, maka bantulah orang yang membutuhkan dan sedekahkan kepada seseorang yang benar-benar akan mendapat manfaat darinya. Bahkan menawarkan segelas air kepada seseorang yang membutuhkannya mendapatkan berkah yang luar biasa.

5. Buka puasa bersama keluarga

Selama bulan Ramadhan, berbuka puasa bersama keluarga dan teman dekat Anda dianggap sebagai praktik yang baik. Ini juga membantu Anda menghabiskan waktu berkualitas dengan orang yang Anda cintai. Berbuka puasa di malam yang diberkati membawa kebajikan besar bagi keluarga. Ini membawa persaudaraan dan persahabatan di antara keluarga dengan cara berbagi makanan di atas meja.

6. Melakukan itikaf

Pada malam suci ini, melakukan itikaf (berdiam diri dalam masjid) akan memberi Anda pahala yang besar. Banyak Muslim menghabiskan 10 hari terakhir Ramadhan di Itikaf dan berdoa kepada Allah.

Diyakini menyendiri memberi Anda waktu untuk merenungkan tindakan Anda dan menawarkan Anda kesempatan untuk berhubungan kembali dengan Allah. Selama itikaf, seseorang harus memutuskan hubungan dengan dunia material dan fokus pada perbuatan baik. Ini juga merupakan waktu yang ideal untuk memulai praktik keagamaan baru yang akan Anda lanjutkan untuk tahun ini.

Terpopuler