Menyuruh Orang Bekerja Hingga tak Puasa, Dosakah?

Red: Hafidz Muftisany

 Senin 30 Jul 2012 11:24 WIB

Kuli Panggul (ilustrasi) Foto: beritadaerah.com Kuli Panggul (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Assalamualaikum

Ustaz yang dirahmati Allah, saya mau bertanya bagaimana hukum memerintahkan orang bekerja di bulan Ramadhan sehingga dengan pekerjaan tersebut menyebabkan dia tidak berpuasa.

Jelasnya begini, saya mau membangun rumah dan memperkerjakan tukang. Pembangunan rumah dilakukan pada bulan Ramadhan. Apakah apabila tukang tersebut tidak berpuasa, saya ikut berdosa?

Jazakallahu ahsanul jazaa' atas jawaban Ustaz

Riyanto

Jawaban 

Pak Riyanto, semoga Allah memberikan taufik kepada kita semua. Kita wajib tolong menolong dalam berbakti dan bertakwa, dan dilarang saling membantu dalam dosa dan permusuhan. 

Walaupun bapak ingin bangun rumah dan mendesak, sebaiknya memberikan kelonggaran kepada pekerja untuk tetap menjalankan puasa selama bekerja dan semoga Allah membalas kebaikan bapak dengan berlipat ganda. 

Kalau perlu bapak mensyaratkan pekerja yang berpuasa saja yang bekerja dengan bapak agar keberkahannya berlimpah. Bila pekerja tidak berpuasa padahal bapak sudah berusaha untuk mempermudah mereka dan menasehatinya, semoga tidak ada dosa yang harus bapak tanggung karena hal tersebut. Wallahu a’lam

Ust. Tajuddin Pogo, Lc, MH

 

Rubrik tanya jawab ini diasuh oleh Ikatan Da'i Indonesia (Ikadi). Kirim pertanyaan Anda ke: ustadzsiaga@rol.republika.co.id

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X