Puasa Cegah Obesitas (1)

Red: Hafidz Muftisany

 Selasa 31 Jul 2012 09:43 WIB

obesitas (ilustrasi) obesitas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kabar baik bagi mereka yang mengidamkan tubuh proporsional. Puasa, menurut Dr Zubairi Djurban SpPD dapat mencegah obesitas (kegemukan). Hal itu terjadi karena pada saat puasa terjadi pembatasan kalori sehingga total kalori yang dimakan lebih rendah dibandingkan hari biasa. ''Jika konsumsi kalori kita kurangi itu akan mengurangi energi dan gemuk berlebih,'' ujarnya

dari segi kesehatan, tubuh proporsional sangat menguntungkan. Kegemukan disebut-sebut sebagai salah satu faktor penyebab penyakit gula, ginjal, jantung koroner, dan tekanan darah tinggi. Kegemukan juga dapat menyebabkan berkurangnya kekuatan tubuh dan menghambat aktivitas tubuh.

Itu sebabnya, puasa kerap dikatakan dapat digunakan sebagai terapi kesehatan. ''Orang yang kegemukan disarankan untuk berpuasa karena puasa dapat menurunkan berat badan. Sehingga orang yang obesitas tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan untuk menurunkan berat badan.''

Pada saat berpuasa, kata Zubairi, otomatis kita menahan diri untuk tidak makan dari terbit fajar terbenamnya matahari. Hal itu menyebabkan lambung kita kosong dalam jangka panjang, beda dengan hari biasa lambung kita terisi makanan.

''Saat kita tidak makan, di dalam tubuh terjadi proses metabolisme untuk mendapatkan kalori atau energi sementara tubuh kita beraktivitas seperti biasa,'' ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X