PCI NU Australia dan New Zealand Gelar Safari Ramadhan

Red: Heri Ruslan

Senin 23 Jul 2012 16:01 WIB

Safari Ramadhan PCI NU Australia-New Zealand Foto: dokpri Safari Ramadhan PCI NU Australia-New Zealand

REPUBLIKA.CO.ID,  Menyambut  Ramadhan 1433 H, Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama’ (PCI NU) Australia dan New Zealand menggelar Safari Ramadhan. 

Tahun ini, PCI NU Australia dan News Zealand secara kusus mengundang Gus Ghofur, sapaan akrab Dr KH Abdul Ghofur Maimoen, pengasuh Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta untuk menjadi nara sumber safari tersebut.

‘’Safari Ramadhan 1433 H ini juga sekaligus bertujuan untuk menyebarluaskan Islam rahmatan lil alamin,'' ujar Samsul Ma’arif Mujiharto, sekretaris Tanfidziyah PCI NU Australia dan New Zealand dalam siaran persnya kepada Republika Online (ROL).

Acara yang didesain dalam bentuk pengajian, diskusi ilmiah, kajian kitab kuning dll tersebut, diselenggarakan secara beruntun dan berpindah-pindah dari satu negara bagian ke negara bagian lain di Australia dan New Zealand. 

Safari Ramadhan itu digelar mulai dari Perth (19-22 Juli), Adelaide (23-25 Juli), Melbourne (26-28 Juli), Auckland (29-31 Juli), Brisbane (1-5 Agustus), Wollongong (6-9 Agustus), Canberra (10-13 Agustus) dan berakhir di Sydney (14-20 Agustus).

''Di Sydney Gus Ghofur juga direncanakan bertindak sebagai imam dan khatib Idul Fitri di hadapan umat Islam Sydney West,'' papar pengajar filsafat UGM yang sedang menempuh program doktoral di Australia itu.

Di Australia dan New Zealand, kata dia,  Gus Ghofur yang juga penyandang gelar doktor dengan predikat summa cumlaude dari Universitas Al-Azhar Mesir tersebut akan berceramah di tidak hanya di hadapan audiens yang terdiri dari penduduk dan mahasiswa Indonesia tapi juga Muslim lintas negara di Australia dan Zealand.

''Di Brisbane Gus Ghofur akan berbicara di hadapan pasangan campur Indonesia dan Australia dan juga muslim lintas negara,'' ungkap Samsul Ma'arif.

Menurut dia, Safari Ramadhan itu terselenggara atas dukungan beberapa pihak, di antaranya: KBRI Canberra, KBRI Wellington, Konsulat Jenderal RI di Perth, Konsulat Jenderal RI di Melbourne, Jamaah Khataman Canberra, Australian-Indonesian Moslem Foundation in ACT (AIMFACT), PHBI-ACT,  Jamaah Pengajian Illawarra (JPI) Wollongong, serta Himpunan Umat Muslim Indonesia di Auckland (HUMIA).

Selain itu, acara tahunan itu juga didukung oleh  Indonesian Muslim Community of Victoria (IMCV), Victoria University Indonesian Student Association (VUISA), Pengajian Sulit Air Sepakat (SAS), PPIA-Victoria, Majlis Taklim Al-Ikhlas Sydney West, TPA Al-Ikhlas, Kajian Islam Adelaide (KIA), Masyarakat Islam Indonesia Australia Selatan (MIIAS), dan Indonesian Islamic Society of Brisbane.