Fatwa Muslim Kaukasus: Awal Puasa 1 Agustus

Red: Djibril Muhammad

Jumat 29 Jul 2011 13:44 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, Dewan Gazi dari Kantor Muslim Kaukasus (CMO) pada Kamis (28/7) mengeluarkan fatwa tentang awal bulan suci Ramadhan.

Sesuai dengan fatwa, Ramadhan dimulai pada 1 Agustus di kalender Gregorian dan niat berpuasa, yang dilangsungkan dengan shalat tarawih, akan dilakukan pada malam hari pada 31 Juli.

Tergantung pada visibilitas bulan di wilayah negara-negara Muslim, Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada 30 atau 31 di kalender Gregorian, atau 29 dan 30 pada bulan Ramadhan.

Untuk membantu umat Islam berpuasa, CMO bersama-sama dengan Observatorium Shamakhi Astrophysical telah menyiapkan meja khusus dan memo.

Dewan Gazi, perwakilan resmi di masjid-masjid, akhunds dan imam telah diperintahkan untuk memantau pelaksanaan ibadah puasa agar sesuai dengan peraturan yang ditentukan dalam tabel.

Berdasarkan tabel CMO, malam lailatul Qadr diperkirakan akan jatuh pada malam-malam terakhir bulan ramadhan. Yakni dari malam 18, ke-19, dari ke-20 untuk 21, dari 22 ke 23, dari 26 ke hari 27 bulan Ramadhan.

Terpopuler