Tentukan Awal Ramadhan, Kemenag Jatim Turunkan Tim Rukyat di Enam Titik

Rep: Nuraini/ Red: cr01

Jumat 29 Jul 2011 10:12 WIB

Ilustrasi Foto: examiner.com Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Timur akan menurunkan tim untuk melihat hilal (rukyat) di enam titik di wilayah setempat. Tim tersebut akan diturunkan pada 31 Juli untuk menentukan awal Ramadhan.

Kepala Kemenag Kanwil Jatim, Muhammad Sudjak, menyebutkan enam titik tersebut di antaranya berada di Surabaya (Menara Masjid Al-Akbar), Lamongan (Tanjung Kodok), Bangkalan, dan Blitar.

Pada tahun sebelumnya, tim rukyat diturunkan di tujuh titik. "Kita telah berkoordinasi dengan tim rukyat untuk persiapan lihat bulan di enam titik. Insya Allah hasil di enam titik itu akan sama," ungkapnya, Jumat (29/7).

Meski telah menurunkan tim rukyat, Sudjak mengatakan pihaknya tetap menunggu sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan. Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan organisasi agama. "Jika ada hasil yang berbeda dari rukyat yang dilakukan Kemenag dan organisasi agama merupakan hal yang wajar. Perbedaan itu wajar terjadi, asalkan ada rujukan, " ungkapnya.

Dia mengingatkan perbedaan tersebut jangan menjadi penyebab perpecahan. Selain itu, sikap organisasi masyarakat islam juga diminta untuk tidak anarkis dalam usahanya membantu pengamanan Ramadhan. "Kita harus melakukan sesuatu berdasarkan aturan undang-undang, jangan anarkis," pungkasnya.

Terpopuler