Dubes RI Kenalkan Tradisi 'Halal bi-Halal' di Maroko

Red: Hafidz Muftisany

Kamis 23 Aug 2012 06:51 WIB

Dubes RI untuk Maroko Tosari Widjaja (kiri) Foto: deplu Dubes RI untuk Maroko Tosari Widjaja (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Masyarakat Indonesia di Maroko dan Kedutaan Besar Indonesia mengadakan halal bi halal di Wisma Duta Indonesia di Rabat, Maroko. Menurut Duta Besar RI untuk Maroko, Tosari Widjaja, halal bi-halal adalah tradisi unik dan khas Indonesia selama lebaran.

Pada kesempatan tersebut, Dubes RI menggambarkan lebih jauh tradisi Idul Fitri di Indonesia yang dirayakan dengan suasana penuh kekeluargaan, saling bersalam-salaman dan saling memaafkan.

Acara tersebut berlangsung dalam suasana akrab dengan lebaran khas Indonesia menjadi tema open house dengan menghidangkan secara sederhana berbagai macam makanan tradisional khas lebaran Indonesia sebagai suguhan bagi para tamu.

Acara yang dimulai pada pukul 17.00 dan berakhir pukul 19.00 waktu Maroko tersebut, dihadiri oleh sekitar 50 orang tamu dari kalangan diplomatik, pejabat pemerintah Maroko serta mitra kerja KBRI Rabat.

Tampak hadir pada acara tersebut antara lain Dubes dari negara sahabat serta pejabat diplomatik lainnya, turut pula hadir para akademisi, pengusaha, tokoh masyarakat, ulama dan wartawan yang merupakan mitra kerja KBRI Rabat.

Open House Idul Fitri tahun ini merupakan yang ketiga kalinya sejak ketibaan Dubes Tosari Widjaja di Maroko. Acara ini selain untuk meningkatkan hubungan kerja sama, juga dimaksudkan untuk mengenalkan tradisi silaturrahmi Idul fitri di Indonesia kepada kalangan diplomatik dan Masyarakat Maroko.

Terpopuler