Jalanan Jakarta Lengang Saat Idul Fitri

Rep: MG05/ Red: Dewi Mardiani

Ahad 19 Aug 2012 15:46 WIB

Bersepeda di Jalan Sudirman Jakarta Foto: detik.com Bersepeda di Jalan Sudirman Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, Takbir berkumandang tanda hari kemenangan telah tiba. Umat muslim yang ingin merayakan bersama sanak saudara di kampung halaman pun telah jauh-jauh hari menuju desanya.

Jalan-jalan di Jakarta yang biasanya dipadati ribuan kendaraan- kendaraan setiap harinya, pada Minggu 19 Agustus 2012 terlihat lengang. Pemandangan yang tidak biasa ini mewarnai pagi di hari raya Idul Fitri 1433 H. Keramaian hanya terlihat di sejumlah lokasi yang digunakan untuk shalat Idul Fitri.

Seperti di jalan Arteri Pondok Indah, misalnya, kendaraan yang lewat tidak sepadat hari-hari biasa. Padahal hampir setiap saat jalur ini dilanda kemacetan oleh kendaraan yang akan berangkat atau meninggalkan kawasan Pondok Indah.

Situasi serupa juga ditemui di kawasan Sudirman. Kawasan yang biasanya padat dengan kendaraan dan aktivitas perkantoran, hari ini kelihatan sepi. Situasi ini juga terasa di Jalan Gatot Subroto, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Gajah Mada. Kali ini, hanya terlihat beberapa sepeda motor dan kendaraan pribadi yang melintas.

Hal ini dimanfaatkan masyarakat untuk berolahraga. Seperti di Jalan Sudirman, beberapa orang mengendarai sepeda untuk berolahraga. Ada juga yang berlari pagi di sepanjang jalan.

Terpopuler