Jelang Hari Lebaran, Nunukan Dibanjiri Produk Malaysia

Red: Didi Purwadi

Rabu 15 Aug 2012 21:16 WIB

Peta perbatasan Indonesia-Malaysia di Nunukan. Foto: Kkp.go.id Peta perbatasan Indonesia-Malaysia di Nunukan.

REPUBLIKA.CO.ID, NUNUKAN -- Barang-barang produksi Malaysia membanjiri pasar-pasar tradisional Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, menjelang Lebaran.

Salah seorang pedagang sembako di Pasar Yamaker, Kabupaten Nunukan, Haji Jarak, mengakui sejumlah kebutuhan pokok masyarakat yang dijualnya berasal dari Malaysia. Banyaknya produk Malaysia yang dijual karena mudah diperoleh dibandingkan produk Indonesia.

Selain itu, produk-produk Malaysia juga harganya lebih terjangkau oleh kemampuan daya beli masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Nunukan. Haji Jarak menegaskan produk asal Indonesia dapat diperoleh dari Surabaya dan Makassar dalam jangka waktu yang cukup lama.

"Mau apa lagi? Kalau mengandalkan produk dalam negeri, selain sulit mendapatkannya, juga harganya lebih mahal. Sementara, kita butuhkan dalam waktu singkat karena masyarakat sudah butuh utamanya menjelang lebaran ini," ungkapnya.

Mengingat tingginya permintaan masyarakat menjelang Lebaran ini, Haji Jarak mengaku kadangkala memesan barang sembako dari Tawau Malaysia dua kali setiap minggu.

Terpopuler