Kaum Tunanetra 'Serbu' Istana Negara

Rep: C07/ Red: Djibril Muhammad

Rabu 31 Aug 2011 13:01 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kaum tunanetra mulai mengantre di Jalan Veteran menuju Istana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hari ini, Rabu (31/8), Presiden SBY menyelenggarakan open house yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB.

Rukiyah, Aslan, dan seorang puterinya Rahmah hanya satu dari puluhan kaum tunanetra yang mengantre Rabu (31/8) siang. Keluarga itu mengaku senang sekali karena hanya mengantre tak kurang dari 30 menit, mereka sudah dipersilahkan masuk.

"Saya senang sekali berkesempatan ke Istana Presiden," ungkapnya kepada Republika, Rabu (31/8). Wajah sumringah Rahmah terlihat saat menuntun ibu dan bapaknya yang tunanetra ke dalam Istana.

Pihak Sekretariat Negara sudah menyiapkan tenda di halaman parkir kompleks Istana Kepresidenan. Rasa senang juga terlihat dari wajah Pak Kasim dan Ade.

Kedua penderita tunanetra tersebut mengaku bersahabat dan senang saat dipersilahkan masuk menyusul keluarga Rukiyah ke dalam Istana. Secara jujur mereka mengungkapkan bahwa mereka sangat ingin bertemu Presiden. Sebagian kecil mereka mengharapkan angpaw dari Presiden SBY.

Presiden dan Ibu Negara menggelar open house mulai pukul 10.00 WIB. Menurut Biro Pers dan Media Istana Kepresidenan, silahturahmi dimulai dengan kunjungan Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati pukul 09.30 WIB tadi. Berikutnya, para pimpinan lembaga negara, DPR, DPD, duta besar dan diplomat negara sahabat.

Segenap Menteri dan mantan Menteri, Kapolri, Panglima TNI, dan Jaksa Agung, pimpinan tiga angkatan TNI serta sejumlah pimpinan Partai Politik juga berkunjung. Sedangkan open house untuk masyarakat umum berlangsung mulai pukul 15.00 WIB.

Menurut salah satu petugas TNI yang berjaga-jaga di sekitar Istana Negara, Purwanto, kunjungan lebaran tahun ini dibatasi. "Hanya sampai pukul 18.00 WIB," ungkapnya kepada Republika, Rabu (31/8).

Terpopuler