Muhammadiyah Majene Shalat ID di Stadion Prasamya

Red: Didi Purwadi

Selasa 30 Aug 2011 06:30 WIB

Kaum Muslim hendak menghadiri Shalat Ied Foto: Yogi Ardhi/Republika Kaum Muslim hendak menghadiri Shalat Ied

REPUBLIKA.CO.ID,MAJENE - Jamaah Muhamadiyah Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, dapat dipastikan akan tetap melaksanakan shalat Idul Fitri 1432 Hijriyah pada Selasa (30/8) pagi di Stadion Prasamya Majene.

"Selepas shalat isya malam tadi, kami langsung melakukan takbir di masjid yang kami tempati di daerah Majene. Insya Allah, jamaah Muhammadiyah akan tetap melaksanakan shalat Idul Fitri pada Selasa (30/8). Karena, hari itu juga Muhammadiyah tetap menetapkan 1 Syawal,'' kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Majene, H.Abdul Madjid Madawali, di Majene.

Menurutnya, jamaah Muhamadiyah akan melaksanakan shalat Idul Fitri terpusat di Stadion Prasamya Majene yang juga nantinya akan ditempati umat Islam yang mengikuti penetapan pemerintah 1 Syawal 1432 Hijriah pada Rabu (31/7).

"Memang lebaran tahun ini kembali terjadi perbedaan penentuan 1 Syawal 1432 Hijriah. Namun, kami meminta kepada seluruh ummat muslim untuk tidak mempertentangkan terjadinya perbedaan itu,"ungkapnya.

Ia mengatakan, ummat muslim di Majene di luar jamaah Muhammadiyah telah mempersiapkan rangkaian penyambutan 1 Syawal mulai persiapan takbiran keliling hingga mempersiapkan masakan khas lebaran untuk dihidangkan pada hari Lebaran. "Kondisi seperti ini mesti jadi catatan pemerintah agar pelaksanaan shalat Idul fitri tidak membingunkan masyarakat. Namun, sekali lagi kami minta perbedaan perayaan Lebaran itu tidak dibesar-besarkan,"jelasnya.

Terpopuler