Sidang Itsbat 1 Syawal Bingungkan Masyarakat

Red: cr01

Senin 29 Aug 2011 23:58 WIB

Rukyatul Hilal atau melihat bulan. Foto: Antara Rukyatul Hilal atau melihat bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Hasil Sidang Itsbat penetapan 1 Syawal 1432 H oleh pemerintah membuat sejumlah masyarakat di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, kebingungan untuk memutuskan apakah melakukan takbiran atau tarawih setelah shalat Isya selesai.

"Shalat sendiri-sendiri saja, jika nanti shalat berjamaah khawatirnya belum ada keputusan apakah tarawih atau takbiran malam ini," kata Asep Syaifullah, pengurus Masjid At-Taqwa, Senin (29/8) malam.

Bahkan karena menunggu keputusan Menteri Agama tentang penetapan 1 Syawal membuat jadwal shalat Isya di sejumlah masjid tertunda. Seperti yang terjadi di Masjid At-Taqwa yang berada di Komplek Pemerintahan Kota Bogor, penundaan terjadi hingga 15 menit lamanya. Hingga akhir sejumlah petugas jaga di Balai Kota pun shalat sendiri-sendiri.

Pengurus masjid memutuskan untuk shalat Isya sendiri-sendiri karena waktu shalat telah masuk sementara putusan penetapan 1 Syawal belum jelas. Sementara itu, Wati salah seorang Warga Jalan Menteng, mengaku tidak tahu harus ikut lebaran kapan. Ia memilih melihat besok pagi jika beberapa tetangga berlebaran ia pun memilih ikut lebaran.

"Liat nanti pagi saja, kalau tetangga lebaran saya ikut lebaran juga. Habisnya kita bingung, tadi mau tarawih di masjid, pada tidak ada yang tarawih karena menunggu Sidang Itsbat," katanya.

Selain membuat bingung warga, beberapa petugas Kebersihan dan Pemadam Kebakaran yang disiagakan untuk melakukan pembersihan PKL di sejumlah pasar Tradisional di Kota Bogor juga kebingungan apakah malam ini jadi ditertibkan atau tidak.

Sejumlah petugas telah siap untuk melakukan pembersihan pasar Senin malam, beberapa peralatan juga telah disiagakan. "Kalau tidak jadi lebaran besok, otomatis pembersihan pasar juga ditunda malam ini," kata salah satu petugas kebersihan Kota Bogor.

Sementara itu, pantauan di sejumlah wilayah di Kota Bogor, mulai dari ba'da Maghrib hingga Isya jarang terdengar suara takbir. Hanya beberapa masjid kecil yang menggelar takbir seperti di Jalan Menteng, Kecamatan Bogor Barat. Tapi takbir yang berkumandang hanya sesaat.

Usai keputusan Sidang Itsbat yang menetapkan 1 Syawal pada 31 Agustus, sejumlah masjid di Kota Bogor memutuskan untuk melakukan tarawih. Seperti yang dilaksanakan di Masjid Jami' Alhijrin I di Jalan Sudirman. Terlihat puluhan jemaah melakukan shalat tarawih.

Terpopuler