Bank BTN Siapkan Rp 15 T untuk Lebaran

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani

 Jumat 03 Aug 2012 09:37 WIB

Nasabah melintas di kantor Bank BTN, Jakarta. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Nasabah melintas di kantor Bank BTN, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---  PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyiapkan persediaan uang tunai Rp 15 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi idul fitri 1433 H. Uang tunai yang disiapkan Bank BTN hampir naik 50 persen dibanding hari-hari biasa.

"Menjelang lebaran biasanya masyarakat membutuhkan uang tunai dengan layanan cepat. Kami mencoba mengantisipasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan menambah persediaan uang tunai, " ujar Corporate Secretary Bank BTN,  Rakhmat Nugroho, Kamis (2/7).

Uang tunai yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama sebulan dari 1 Agustus atau H-19 sampai dengan 31 Agustus 2012 atau H+11. Rakhmat menjelaskan biasanya kebutuhan uang tunai meningkat pada minggu kedua hingga minggu ke empat bulan ramadhan. Pada waktu tersebut mulai banyak dicairkan untuk kebutuhan pembayaran THR dan persiapan mudik lebaran bagi mereka yang akan kembali ke kampung halamannya.

Umumnya pengambilan uang tunai dilakukan di ATM. "Untuk itu kami lebih banyak memberikan porsi paling besar penyebaran uang tunai tersebut melalui ATM," ujarnya. Sementara, sisanya disebar melalui jaringan layanan Bank BTN di kantor-kantor cabang seluruh Indonesia.

Rakhmat menambahkan uang tunai tersebut didistribusi ke 1.236 ATM Bank BTN dan 696 kantor layanan  Bank BTN seluruh Indonesia, melalui kantor cabang, kantor cabang pembantu, kantor kas, baik  konvensional maupun syariah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X