Arus Mudik Bali Beralih ke Pesawat

Red: Didi Purwadi

Ahad 29 Jul 2012 08:54 WIB

Bandara Ngurah Rai Bali Foto: AP/Nyoman Budhiana Bandara Ngurah Rai Bali

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Arus mudik Lebaran, khususnya yang menggunakan bus dari terminal Mengwi, Kabupaten Badung, Bali ke berbagai kota tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera diprediksikan mengalami penurunan.

"Sebaliknya arus mudik lewat Bandara Ngurah Rai yang terjadi H-7 hingga H+7 mengalami peningkatan yang cukup signifikan," kata Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi (Infokom) Provinsi Bali, Standly Suwandhi, di Denpasar, Minggu.

Standly mengatakan bus yang berangkat dari Bali ke berbagai kota tujuan di Jawa dan Sumatera diperkirakan menurun 13 persen. Jumlah penumpangnya berkurang delapan persen dibanding arus mudik Lebaran tahun sebelumnya.

Masyarakat yang melakukan mudik terkait Idul Fitri 1 Syawal 1433 H dari Bali melewati Pelabuhan Gilimanuk diperkirakan lebih banyak menggunakan sarana transportasi pribadi. Itu termasuk kendaraan sepeda motor.

Dengan demikian, penyeberangan dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, yang meliputi bus dan kendaraan pribadi diperkirakan tetap meningkat dibanding mudik tahun sebelumnya. Kondisi harian Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk selama dua pekan mulai H-7 hingga H+7 untuk penumpang naik sepuluh persen. Jumlah pemudik sepeda motor bertambah lima persen dan kendaraan naik enam persen.

Terpopuler