1389 Masjid di Padang Gelar Pesantren Ramadhan

Red: Hafidz Muftisany

Ahad 22 Jul 2012 19:21 WIB

Tadarus Alquran di bulan Ramadhan Foto: Republika Tadarus Alquran di bulan Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- Tidak kurang dari 1.389 masjid dan mushalla di Kota Padang, Sumatera Barat, membuka secara resmi pesantren Ramadhan 1433 Hijriah, yang akan berlangsung hingga 13 Agustus 2012.

Kepala Bagian Kesra Pemkot Padang Al Amin, di Padang, Ahad (22/7), mengatakan usai Shalat Subuh, setiap masjid dan mushalla yang telah ditunjuk di seluruh kelurahan yang ada di daerah ini, secara serentak telah membuka pelaksanaan pesantren Ramadhan 1433 Hijriah.

"Pesantren Ramadhan tahun ini berlangsung mulai 22 Juli hingga 13 Agustus 2012, sehingga tadi pagi semua masjid dan mushalla telah membuka secara serentak pelaksanaan kegiatan bagi pelajar pada bulan puasa ini," kata Al Amin.

Dia menambahkan, pesantren Ramadhan yang memasuki tahun ke delapan tersebut juga akan diikuti oleh 150.577 ribu peserta, baik dari pelajar tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama dan sederajat, maupun sekolah menengah atas dan sederajat.

Pesantren Ramadhan 1433 Hijriah yang berlangsung selama 20 hari kedepan tersebut, untuk pelajar SD sederajat, SMP sederajat, dan SMA sederajat, jam belajarnya akan dibedakan, mulai dari sahur, hingga masuknya ibadah Sholat Magrib, setiap harinnya, kecuali pada Jumat yang dalam peraturan wali Kota Padang, ditetapkan sebagai hari libur, saat pesantren Ramadhan itu.

"Sebanyak 1.389 pengurus masjid dan mushalla akan terlibat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, dimana untuk kurikulum telah disesuaikan dengan silabus yang telah dibuat," jelasnya.

Al Amin menambahkan, hasil kegiatan dan ujian pesantren Ramadhan akan mempengaruhi nilai mata pelajar agama saat kenaikan kelas.

Terpopuler