Ramadhan Berbagi Bersama Masjid BI

Rep: mg02/ Red: Hafidz Muftisany

Jumat 20 Jul 2012 12:52 WIB

Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Foto: Republika/Wihdan Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Bulan suci ramadhan menjadi ajang bagi umat muslim meraup pundi-pundi amal. Banyak kegiatan amaliyyah yang bisa dimanfaatkan.

Dengan mengusung tema ramadhan "Ramadhan dan Kepedulian Sosial" Masjid Baitul ihsan yang berada di kompleks Bank Indonesia menggelar berbagai kegiatan amaliyyah.

"Kami ingin mendorong umat muslim, pegawai BI untuk lebih melakukan aktifitas sosial di bulan ramadhan. Selain itu kami juga ingin lebih mendekatkan diri dengan masyarakat di sekitar Masjiid BI," kata Ahmad Yunus dari RASBI masjid BI saat diitanyai maksud dari tema ramadhan 1433 H, Kamis (19/7).

Menurutnya, bulan ramadhan merupakan sarana yang baik untuk melakukan aktifitas amaliyyah khusunya dalam konteks berbagi.

"Mudah-mudahan pada bulan ramadhan ini lebih banyak lagi yang berinfak," tambah Ahmad Yunus.

Kegiatan sosial yang dilakukan oleh Masjid BI sudah dimulai jauh hari sebelum bulan ramadhan dimulai.

"Sebelum ini ada wakaf alquran bagi daerah yang membutuhkan. Sebelum ramadhan saja kami mengadakan khitanan massal bagi 200 orang anak," kata Dedy Perdana manajer RASBI.

"Sumber dana yang digunakan berasal dari ZIS yang berasal dari umat muslim yang sebagian merupakab pegawai dan staf Bank Indonesia," ujar Dedy.

Pendiidkan pun tak luput dari perhatian Masjid BI. Bulan ramadhan kali ini Masjid BI menyediakan program beasiswa dhuafa dan santunan dhuafa. Terutama sekali yang bagi kaum dhuafa disekitar perum Bank indonesia dan KOPERBI.

Bagi mereka yang kebetulan berada di sekitar Masjid BI saat waktu berbuka jangab khawatir. Masjid BI menyediakan ta'jil setiap hari.

"Senin sampai Kamis kami programkan buka bersama jamaah masjid dan pegawai. Kami sediakan ta'jil 1000 porsi per hari. Jumat buka bersama dewan gubernur Bank Indonesia," imbuh Dedy.

Meskipun berada di lingkungan perkantoran Masjid Baitul ihsan terbuka untuk umum. Bagi yang akan melaksanakan I'tikaf khususnya di sepuluh malam terkahir ramadhan masjid terbuka 24 jam penuh. Hidangan sahur disediakan pula oleh pihak masjid.

"Shalat idul fitri nanti kami mengundang masyarakat untuk bersama shalat I'd di Masjid BI. Kalau tidak hujan shalatnya di lapangan Bank Indonesia," kata Slamet Agung Rijadi manajer operasional dan pelayanan Masjid Baitul Ihsan.