Gebyar Ramadhan di Masjid Istiqlal

Rep: mg02/ Red: Hafidz Muftisany

Selasa 17 Jul 2012 10:13 WIB

Masjid Istiqlal Foto: Republika/Agung Masjid Istiqlal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1433 H, Masjid Istqiqlal menyiapkan berbagai program keagamaan.

Selain ibadah harian yang biasa di lakukan di masjid terbesar di asia tenggara itu, Panitia Ramadhan Masjid Istiqlal menyiapkan program khusus

"Kita siapkan 3000 ta'jil untuk buka bersama selama satu bulan penuh dan didahului kajian menjelang buka bersama," ungkap Abdu Rauf, staf Takmir Masjid Istiqlal saat ditemui ROL.

Selain itu Masjid Istiqlal juga menyiapkan shalat tarawih dua gelombang, gelombang pertama 11 rakaat dan gelombang kedua 23 rakaat.  Sebelum shalat tarawih juga didahului dengan ceramah rohani dan setelahnya hingga jelang tengah malam, akan di semaakkan dengan tadarus Alquran

"Silahkan bagi masyarakat yang ingin beribadah selama Ramadhan di Istiqlal, kami memberikan kesempatan i'tikaf 24 jam," imbuh Rauf. Sementara untuk yang i'tikaf 10 hari terakhir di bulan ramadhan akan disediakan santap sahur.

Selain itu, Masjid Istiqlal juga membuka pelayanan zakat, infaq dan shadaqah sejak hari pertama ramadhan. "Tanggal 10 Agustus nanti, kita ada santunan untuk seribu anak yatim," ujarnya.

Untuk program besar, Masjid Istiqlal akan mengadakan peringatan Nuzulul Quran pada 17 ramadhan dan akan melakukan Tabligh Akbar yang bekerjasama dengan sekretariat negara. Rangkaian program ramadhan akan ditutup dengan Shalat Idul Fitri bersama Presiden RI, Wakil Presiden, pejabat negara dan perwakilan negara sahabat.