Nokia Rilis Aplikasi Ramadhan

Rep: agung sasongko/ Red: Djibril Muhammad

Selasa 02 Aug 2011 15:52 WIB

Nokia Nokia

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI - Nokia akhirnya memperkenalkan aplikasi khusus Ramadhan di Dubai, Uni Emirat Arab. Aplikasi berupa kalender ini memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi seperti kisah-kisah dalam Islam, kiat puasa harian, gambar, dan konten lainnya.

"Tahun ini, Nokia sekali lagi menunjukkan pemahaman budaya regional dan komitmennya kepada masyarakat lokal melalui peluncuran Kampanye Ramadhan. Melalui aplikasi Ramadhan, kami berbicara soal komunikasi dan semangat berpuasa kepada umat Islam," papar Manajer Umum Nokia untuk Wilayah Teluk, Tom Farrel seperti dikutip dari itp.net, Selasa (2/8).

Selain yang disebutkan tadi, Nokia juga mengembangkan aplikasi lain seperti aplikasi Alquran, aplikasi penanda shalat, aplikasi hadits, aplikasi arah kiblat, kalkulator zakat, dan lainnya. Ada juga beberapa aplikasi sosial yang memungkinkan pengguna untuk tetap berhubungan selama bulan suci Ramadhan seperti Salam Ramadhan, Whatsapp, Foursquare, dan Facebook.

Tak ketinggalan aplikasi ringtone termasuk TaherQalby, SawomMaqbool, Ramadhan Kareem dan Nour Ramadhan. "Khusus wilayah Timur Tengah, lebih dari 600.000 aplikasi diunduh selama Ramadhan pada tahun 2010. Sementara aplikasi Quran tercatat lebih dari satu juta unduhan. Angka ini menunjukkan bagaimana Nokia berusaha untuk lebih meningkatkan pengalaman berpuasa pengguna kami melalui keterlibatan yang lebih dalam," tambah Farrell.

Aplikasi Ramadhan 2011 dirancang agar kompatibel dengan lebih dari 75 perangkat Nokia, dan tersedia dengan berbagai bahasa seperti bahasa Inggris, Arab, Perancis dan Urdu. Yang menarik, segenap pendapatan dari penjualan aplikasi Ramadhan akan disisihkan guna disumbangkan kepada badan-badan amal di Dubai.

Terpopuler