Arus Balik Masih Ramai, Operasi Ketupat Diperpanjang

Rep: Rr. Laeny Sulistyawati/ Red: Karta Raharja Ucu

Senin 27 Aug 2012 06:59 WIB

 Sejumlah pemudik bermotor mulai berdatangan di jalan raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Ahad (26/8). (Adhi Wicaksono) Sejumlah pemudik bermotor mulai berdatangan di jalan raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Ahad (26/8). (Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Hingga H+7 Lebaran 2012 atau Senin (27/8) subuh tadi, arus balik kendaraan bermotor yang melintasi jalur Kalimalang masih ramai lancar. Puluhan ribu kendaraan tercatat masih memadati jalur Kalimalang.

Alasan ini membuat operasi pos ketupat, yakni pos pengamanan pelayanan Lebaran 2012 yang seharusnya berakhir pada H+5 atau Sabtu (25/8), diperpanjang hingga hari ini. "Tetapi karena arus balik di jalur ini masih ramai, keberadaan Pos Pelayanan Pengamanan (Papospam) Lebaran 2012 titik 06 Bekasi Cyber Park Polresta Bekasi Kota, Kota Bekasi ini diperpanjang satu hari," ujar Kepala Unit (Kanit) Pengaturan Kerja Penjagaan Pengawasan dan Patroli (Turjawali) Polresta Bekasi Kota, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Suryana Giri Santoro saat berbincang dengan ROL, Ahad (26/8) malam.

Pria yang juga Kepala Pos Pelayanan Pengamanan (Papospam) Lebaran 2012 titik 06 Bekasi Cyber Park Polresta Bekasi Kota, Kota Bekasi ini mengatakan puncak arus balik di jalur Kalimalang yaitu Sabtu (25/8) lalu dan Ahad (26/8). Hanya saja volume kendaraan bermotor lebih banyak kemarin dibandingkan dengan hari ini.

Suryana menjelaskan Sabtu merupakan puncak arus balik karena para pemudik yang balik ingin meluangkan waktu satu hari sebelum beraktivitas, yaitu Senin (27/8) mendatang. "Perkiraan kami, kalau menurut aturan, seharusnya arus balik berakhir hari ini (Ahad 26/8), kecuali para pedagang atau wirausaha ketika hendak balik, menunggu arus lancar," kata Suryana.

Tetapi jika melihat arus balik malam ini yang padat, Suryana memprediksi kemungkinan besar volume kendaraan roda dua lebih besar dibandingkan kemarin. Rinciannya pada Sabtu (25/8) kemarin atau H+5, jumlah kendraan roda dua yaitu 140.671 unit, dan kendaraan roda empat sebanyak 25.933 satuan mobil penumpang.

Sedangkan pada hari ini atau H+6 sampai pukul 20.00 WIB, jumlah kendaraan roda dua sebanyak 82.435 unit, dan kendaraan roda empat sebanyak 6.438 satuan mobil penumpang. "Tetapi jumlah roda dua yang lewat ini sangat mungkin masih dapat bertambah, bahkan melebih kendaraan roda dua kemarin. Karena ini masih ada arus balik sampai besok Senin subuh," tutur Suryana menganalisis.

Untuk kendaraan roda empat, masih kata Suryana, sudah mulai sepi karena sebagian besar mereka sudah kembali ke Jakarta beberapa hari yang lalu, atau bertahap. Meski arus balik malam hari ini ramai tetapi tidak ada kemacetan atau ramai lancar.

"Jadi kalau para pemudik yang balik kembali esok, maka sudah tidak dikategorikan arus balik, melainkan arus lalu lintas yang sudah mulai normal kembali," tutur Suryana mengakhiri.

Terpopuler