DPR: Jalur Pantura Harusnya Pakai Sistem Beton

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Hafidz Muftisany

Ahad 26 Aug 2012 20:11 WIB

Pemudik bersepeda motor melintasi ruas jalur Pantura saat balik ke Jakarta di Slaur, Indramayu, Jawa Barat. Foto: Antara/Dedhez Anggara Pemudik bersepeda motor melintasi ruas jalur Pantura saat balik ke Jakarta di Slaur, Indramayu, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Komisi V DPR RI menyarankan Pemerintah untuk membuat Jalan Pantura dengan sistem beton. Sebab, kualitasnya akan menjadi bagus dan tidak cepat rusak.

"Kami sarankan agar Jalan Pantura sebaiknya dibuat dengan sistem beton  memang ada beberapa ruas yang sudah menggunakan beton tapi, itu baru sebagian kecil,"ujar Anggota Komisi V Saleh husain, Ahad (26/8).

Meskipun, anggaran sistem beton lebih mahal. Tapi, biaya pemeliharaan nantinya sangat rendah dan daya tahannya lebih lama. Sebab, Jalan yang didesign menggunakan aspal menurutnya akan selalu ada perbaikan.

"Jalan pantura setiap tahunnya pasti akan selalu ada perbaikan pemeliharaan, memang untuk jalan yang didesign dengan menggunakan aspal bila terkena hujan maka akan cepat rusak,"tambahnya.

Oleh karena itu, Komisi V jelas Saleh mendesak Pemerintah membuat jalan khususnya Pantura dengan sistim beton. Akibatnya, biaya pemeliharaan menjadi sedikit dan tidak cepat rusak.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Anggota Komisi V lainnya, Marwan Ja'far agar Pemerintah membuat perencaan dengan baik, terencana  dan dibuat konstruksi yang bagus dan tahan lama.

"Kita berharap jalannya dibeton saja supaya tahan lama,"ungkapnya.

Terpopuler