Akhir 2013, Jalur Pejalan Kaki Merak-Bakauheni Ditambah

Rep: Muhammad Ghufron/ Red: Heri Ruslan

Sabtu 25 Aug 2012 21:23 WIB

 Kapal roro yang mengangkut para pemudik tiba di dermaga pelabuhan Merak Banten, usai pulang dari kampung halaman, Kamis (23/8). (Agung Supriyanto/Republika) Kapal roro yang mengangkut para pemudik tiba di dermaga pelabuhan Merak Banten, usai pulang dari kampung halaman, Kamis (23/8). (Agung Supriyanto/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, BAKAUHENI -- Kementerian Perhubungan berencana membangun jalur masuk penumpang pejalan kaki (gangway) tambahan di Pelabuhan Merak-Bakauheni, pada 2013 mendatang. Jalur masuk itu dibangun di empat dari lima dermaga di dua perlabuhan tersebut.

"Untuk melerai lonjakan penumpang pada arus mudik dan balik tahun depan. kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (LL-ASDP) Ditjen Perhubungan Darat, Sudirman Lambali, kepada Republika Sabtu (25/8).

Menurut dia, gangway itu akan dibangun di dermaga 1,2,3, dan 5. Sementara di dermaga 4 tengah proses negosiasi karena dikelola pihak swasta.

Pembangunan jalur masuk tambahan itu, kata Sudirman, untuk melerai penumpukan penumpang pejalan kaki yang memanfaatkan moda transportasi jalur laut lintas Jawa-Sumatra tersebut.

Ditargetkan, pembangunan jalur masuk tambahan itu akan selesai akhir 2013 mendatang. Sementara untuk antsipasi lonjakan penumpang, Kemenhub berencana menambah empat armada kapal di Pelabuhan Merak-Bakauheni, pada 2014.

Saat ini, tambah Sudirman, beberapa armada tersebut telah dirakit. Namun dia belum bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai spesifikasi dan daya tampungnya.

Diketahui, tahun ini Kemenhub juga telah menambah tiga armada kapal. Yakni bernama Salem, Rajarakarta, dan Rodita. "Ketiga kapal itu sengaja ditambah untuk antisipasi lonjakan pemudik," ujarnya.

Terpopuler