Jalur Puncak Menuju Jakarta Dibuka Searah

Rep: Gilang Akbar Prambadi / Red: Djibril Muhammad

Jumat 24 Aug 2012 16:51 WIB

Kemacetan jalur puncak Foto: www.budibach.com Kemacetan jalur puncak

REPUBLIKA.CO.ID, PUNCAK - Bagi masyarakat yang hendak menikmati libur akhir pekan di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat tentu tak ingin terperangkap kemacetan. Khusus bagi masyarakat yang berangkat dari arah Cipanas, Kabupten Cianjur sebaiknya memanfaatkan jalur buka tutup yang baru saja diterapkan.

Kepolisian Resor (Polres) Bogor pada Jumat (24/8) pukul 16.00 WIB memberlakukan One Way ke arah Jakarta. "Guna mengurangi kemacetan arus balik ke Jakarta, satu arah kami buka dari Cianjur menuju Jakarta," kata Kasat Lantas Polres Bogor Edwin Affandi pada Jumat (24/8).

Ia mengatakan, langkah tersebut sengaja dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan yang dikhawatirkan terjadi sore ini. Pasalnya, dari pantauan jajarannya, kendaraan asal Jakarta sejak pagi ini berbondong-bondong menuju tempat-tempat wisata di kawasan Puncak.

Ia mengatakan, indikasi kemacetan pada sore hari bisa saja terjadi. Menurutnya ini disebabkan kendaraan asal Jakarta yang sejak pagi berdatangan akan pulang setelah selesai tamasya.

Untuk itu Edwin menyarankan pada para pengendara yang hendak menuju Jakarta untuk memanfaatkan sistem buka tutup ini. Sedangkan sampai berapa jam pemberlakuan satu arah ini akan dilakukan, Edwin mengatakan itu semua tergantung kondisi di lapangan.

Ia mengatakan, bila keran menuju Jakarta sudah cukup banyak mengeluarkan kendaraan, jalur akan segera ditutup dan dibuat dua arah lagi. Sementara itu, ia mengatakan untuk kendaraan dari arah Jakarta harap bersabar untuk penutupan jalur ke arah Puncak. "Paling lama ditutup dua jam, tapi jika melihat kondisi saat ini, tampaknya bisa lebih cepat," kata dia.

Terpopuler