H+4, Arus Balik Merak Lenggang

Rep: Muhammad Ghufron/ Red: Dewi Mardiani

Jumat 24 Aug 2012 13:25 WIB

 Kapal roro yang mengangkut para pemudik tiba di dermaga pelabuhan Merak Banten, usai pulang dari kampung halaman, Kamis (23/8). (Agung Supriyanto/Republika) Kapal roro yang mengangkut para pemudik tiba di dermaga pelabuhan Merak Banten, usai pulang dari kampung halaman, Kamis (23/8). (Agung Supriyanto/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Arus balik di Pelabuhan Merak, Provinsi Banten, hingga H+4 Lebaran 2012 masih terpantau lancar. Hingga Jumat (24/8), pukul 12.00 WIB, kondisi pelabuhan terpantau lengang, hanya nampak dua kapal ro-ro yang bersandar dari Pelabuhan Bakauheni, Provinsi Lampung.

Berdasarkan pantauan di lapangan, belum terjadi lonjakan penumpang yang signifikan dari dua kapal yang ditumpangi pemudik dari Pulau Sumatra tersebut. Antrean sempat terjadi di dermaga satu sekitar pukul 10.15 WIB dan dermaga dua sekitar pukul 11.00 WIB, ketika bongkar muat penumpang.

Setelah itu, dua kapal di dua dermaga itu nampak kembali memuat penumpang untuk kembali menyeberang selat Sunda ke arah Pelabuhan Bakauheni. Diprediksi, lonjakan penumpang baru akan terjadi sekitar pukul 14.00-17.00 sore hari nanti. "Pemudik arus balik baru berjalan melintas jalur Sumatra pada pagi hingga siang hari," kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Mario S Oetomo, Jumat siang.

Menurut dia, puncak arus mudik bisa terjadi pada Jumat malam atau Sabtu (25/8) dini hari. Namun hingga kini, belum ada laporan lonjakan penumpang dari Pelabuhan Bakauheni.

Terpopuler