Waspadai Jalur Indramayu-Cirebon Saat Malam Hari

Rep: Andhi Ikhbal/ Red: Hafidz Muftisany

Kamis 23 Aug 2012 21:59 WIB

Pemudik motor (ilustrasi). Foto: Antara/Puspa Perwitasari Pemudik motor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Minimnya penerang jalan umum serta tidak adanya 'mata kucing' di sepanjang median jalur Indramayu - Cirebon, Jawa Barat, perlu diwaspadai. Hal tersebut dikhawatirkan dapat mengecoh pandangan pemudik yang sedang berkendara di malam hari, Kamis (23/8).

Menurut pantauan Republika, jalur di sepanjang kawasan itu perlu mendapat perhatian lebih dari para pemudik yang melintas. Pasalnya, penerang jalan hanya mengandalkan lampu kendaraan, sehingga cahaya lampu dari arus sebaliknya membuat pandangan menjadi silau.

Selain itu, pemudik juga perlu mengantisipasi kendaraan bermotor dari warga sekitar yang kerap kali hendak berputar balik sembarangan. Maka disarankan bagi pemudik agar tidak memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi.

Kondisi jalan di jalur tersebut juga tergolong bergelombang serta berkelok-kelok, tanpa adanya 'mata kucing' pada median jalan ditakutkan justru menyulitkan pemudik yang berada dalam kecepatan tinggi.

Sedangkan untuk jalur Tol Palikanci terpantau masih lancar hingga malam ini. Meskipun sempat terjadi kepadatan di pintu keluar tol tersebut, namun tidak menimbulkan antrean panjang.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombespol Martinus Sitompul mengatakan, kalau memang nantinya ada kepadatan pada pintu keluar tol tersebut, pihaknya akan mengalihkan arus keluar Tol Plumbon. "Setelah itu akan diarahkan ke jalur alternatif Palimanan - Kadipaten," kata Martin.