Jumlah Kendaraan Arus Balik Lampaui Puncak Arus Mudik

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Chairul Akhmad

Kamis 23 Aug 2012 17:57 WIB

Sejumlah pemudik yang kembali ke Jakarta (ilustrasi). Foto: Dok Republika Sejumlah pemudik yang kembali ke Jakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN – Jumlah kendaraan yang melintas di Kabupaten Semarang pada arus balik Lebaran kali ini telah melampaui jumlah kendaraan yang melintas pada puncak arus mudik Lebaran pada H-3 Lebaran lalu.

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Semarang memperkirakan hal ini mengindikasikan jumlah kendaraan arus balik akan lebih tinggi dibandingkan dengan arus mudik Lebaran kali ini.

Menurut Kepala Dishubkominfo Kabupaten Semarang, Prayitno Sudaryanto, mengungkapkan sampai dengan H+2 Lebaran atau Selasa (21/8), jumlah kendaraan yang melintas di Kabupaten Semarang telah mencapai 115.053 unit.

Jumlah ini telah melampaui jumlah kendaraan yang melintas pada puncak arus mudik yang terjadi pada H-3 Lebaran atau Kamis (16/8) lalu, yang hanya mencapai 81.876 unit.

Dengan prediksi puncak arus balik Lebaran di Kabupaten Semarang yang akan berlangsung pada Jumat (24/8) dan Sabtu (25/8) besok, jumlah kendaraan yang melintas pada arus balik masih akan bertambah.

Meski begitu, kata Prayitno, kepadatan arus lalu lintas masih bisa diantisipasi. Sehingga kemacetan dan antrean kendaraan yang panjang tidak berlangsung lama. “Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas, kami telah berkoordinasi dengan Polres Semarang untuk melakukan rekayasa arus lalu lintas dan pengalihan jalur,” jelasnya.

Terpopuler