Arus Balik di Pulogadung Masih Sepi

Red: Taufik Rachman

Selasa 21 Aug 2012 15:43 WIB

Terminal Pulogadung, Jakarta Timur Terminal Pulogadung, Jakarta Timur

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Suasana arus balik pada Selasa atau H+1 Lebaran di Terminal bus Pulogadung, Jakarta Timur masih terlihat sepi.

Hingga pukul 11.00 WIB, masih sedikit bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) yang memasuki terminal kedatangan. ''Masih sedikit bus yang datang. Frekuensinya juga jarang-jarang, sekitar 30 menit sekali,'' kata Kepala Bus AKAP Terminal Bus Pulogadung Muhammad Nur di Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa.

Nur mengungkapkan bus-bus yang datang pada H+1 lebaran masih didominasi oleh bus AKAP tujuan jarak dekat, seperti bus dari Cirebon, Merak dan Kuningan. ''Kebanyakan masih bus-bus yang datang dari Jawa Barat. Kalau yang dari Jawa Tengah dan Jawa Timur hanya sedikit,'' kata Nur.

Selain frekuensi kedatangan bus yang sedikit, Nur menuturkan bahwa jumlah penumpang di dalam bus-bus yang datang itu juga tidak terlalu banyak.

''Jumlah penumpang di dalam tiap-tiap bus yang datang hanya sedikit. Paling-paling hanya terisi setengah bagian bus, tidak sampai penuh total,'' ujar Nur.

Nur memperkirakan puncak arus balik Lebaran akan terjadi pada H+4 atau H+5, yaitu pada hari Jumat (24/8) dan Sabtu (25/8).