Pemudik di Lampung Minati Travel

Red: Didi Purwadi

Jumat 17 Aug 2012 07:27 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, BAKAUHENI -- Para pemudik di Lampung yang hendak menyeberang ke Pulau Jawa dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, tidak menggunakan bus angkutan umum dan mobil pribadi. Mereka juga meminati angkutan antarjemput penumpang (travel).

Sejumlah pemudik yang menggunakan travel, di Bakauheni, Jumat dini hari, mengaku memilih moda transportasi ini karena lebih praktis dan nyaman. Kendati harus membayar ongkos lebih mahal dari tarif bus umum biasa, namun kenyamanan dapat lebih terjamin. Itu karena penumpang dijemput dan diantarkan sampai ke tempat tujuan.

Ina, salah satu pemudik yang hendak ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, mengaku sengaja memilih menggunakan angkutan travel untuk memudahkan perjalanan mudiknya. "Saya mudik sendirian sehingga perlu jaminan keamanan selama perjalanan," kata dia.

Beberapa pemudik lain yang memilih angkutan travel itu beralasan barang bawaannya cukup banyak. Sehingga, mereka akan lebih praktis dengan menggunakan travel daripada angkutan umum biasa.

Pengelola travel Purnagama menyatakan pihaknya menyiapkan armada kendaraan yang mencukupi untuk melayani penumpang mudik maupun balik Lebaran tahun 2012 ini. Tarif penumpang dari Bandarlampung ke Bakauheni Rp 45.000 per penumpang dan Bandarlampung sampai Jakarta Rp 170.000 per penumpang.

Terpopuler