H-4 Lebaran, Stasiun Gambir Membludak Diserbu Pemudik

Rep: Alicia Saqina/ Red: Karta Raharja Ucu

Kamis 16 Aug 2012 21:51 WIB

  Calon penumpang mengantre pemesanan tiket di Stasiun Gambir, Jakarta. Foto: Antara/Rosa Panggabean Calon penumpang mengantre pemesanan tiket di Stasiun Gambir, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, GAMBIR -- Jumlah penumpang kereta api di Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta Pusat pada musim mudik tahun ini, mengalami peningkatan. Kepala Stasiun Gambir Edy Kuswoyo mengatakan hingga H-4 diperkirakan presentase kenaikan mencapai lima persen.

Persentase lima persen tersebut adalah jumlah peningkatan penumpang secara keseluruhan. "Kalau detilnya H-3 ini seberapa besar, intinya tahun ini ada peningkatan jumlah," tutur Edy saat ditemui di Stasiun Gambir, Kamis (16/8).

Sejak H-10 sampai H-4 atau Kamis (15/8) jumlah penumpang selalu mengalami peningkatan. Edy mengungkapkan, berdasarkan data dari Posko Data Operasi Stasiun Gambir jumlah penumpang pada H-6 tercatat 5.630 penumpang, H-5 sebesar 8.649 penumpang, dan H-4 sebanyak 9.985 penumpang.

Edy membeberkan, dari sisi kumulatif peningkatan jumlah penumpang hingga H-4 sebesar 47.264 orang dari 37.279 pada H-5. Hal ini disebabkan, karena adanya KA tambahan yang diturunkan untuk mengakomodasi keberangkatan pemudik dari Stasiun Gambir. Kebijakan itu diambil PT KAI meski sistem boarding pass sudah diterapkan.

KA tambahan yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir, jelas Edy, tidak hanya jenis KA komersial saja tetapi juga KA reguler. Setidaknya ada 25 perjalanan tambahan KA reguler yang hanya diberlakukan pada 14-18 Agustus mendatang.

Terpopuler