Pakai Ban Vulkanisir, Tiga Bus Dipulangkan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah

Rabu 15 Aug 2012 14:29 WIB

Armada Bus Lebaran Foto: Prayogi/rep Armada Bus Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Tiga armada bus di Terminal Sudirman, Kota Sukabumi mendapat penindakan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi. Pasalnya, ketiga bus ini memakai ban vulkanisir.

"Tiga bus tersebut terpaksa dipulangkan,’’ ujar Kepala Dishub Kota Sukabumi, Andri Setiawan, kepada wartawan, Rabu (15/8).

Ketiga bus itu yakni Lana Jaya jurusan Sukabumi-Jakarta, Miniarta jurusan Sukabumi-Depok, dan Langgeng Jaya jurusan Sukabumi-Palabuhanratu. Langkah tegas, kata Andri, diperlukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat kondisi kendaraan yang tidak laik jalan.

Menurutnya, sepanjang arus mudik ini Dishub telah menindak sebanyak delapan bus yang dinilai tidak laik jalan. Andri mengungkapkan, bagi kendaraan lainnya yang laik jalan maka akan diberikan stiker dari Dishub. Namun, kendaraan tersebut tetap akan diperiksa secara berkala oleh petugas di lapangan.

Lebih lanjut Andri menerangkan, jumlah armada bus yang disiapkan untuk arus mudik di Terminal Sudirman mencapai 478 armada. Selain itu, Dishub menyiapkan sebanyak 35 bus cadangan.

Terpopuler