Kapal Cepat Palembang-Bangka Sepi Penumpang

Red: Taufik Rachman

Kamis 16 Aug 2012 15:11 WIB

Kapal cepat Foto: antara Kapal cepat

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG--Kapal cepat tujuan Palembang-Mentok, Bangka Belitung pada H-3 Idul Fitri 1433 Hijriah masih belum terjadi lonjokan penumpang.

"Arus mudik dari Palembang-Mentok yang menggunakan jasa armada angkutan kapal cepat tampak masih sepi," kata petugas Pos Penjagaan Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru Apran di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, berdasarkan data keberangkatan kapal cepat Exspress Bahari pada H-3 yaitu untuk kapal pertama dan kedua yang berangkat dari Palembang ke Mentok tidak ada satupun penumpang sedangkan kapal ketiga berisi 170 penumpang.

Sedangkan kapal cepat Sumber Bangka yang memberangkatkan dua kapal berisi 156 penumpang untuk kapal pertama dan berisi 25 penumpang untuk kapal kedua, kata petugas dari Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) itu.

Menurut Apran, arus mudik melalui kapal cepat dari Palembang ke Mentok berdasarkan pengalaman Lebaran tahun-tahun sebelumnya tidak pernah terjadi lonjakan penumpang.

Pengguna jasa kapal cepat untuk keberangkatan dari Palembang ke Mentok mulai pukul 06.00 - 08.00 WIB memang sepi, namun untuk kedatangan dari Bangka ke Palembang cukup banyak," ujar dia.

Berdasarkan data, kedatangan penumpang dari Bangka ke Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang tertinggi terjadi pada H-7 (12/8) yakni mencapai 1.940 penumpang dari kapal cepat milik kedua perusahaan Express Bahari dan Sumber Bangka.

Kemudian hari berikutnya mengalami penurunan rata-raat 1.500 penumpang dan diperkirakan akan kembali terjadi peningkatan kedatangan penumpang pada H-2 (17/8) dengan jumlah penumpang mencapai 2.000 orang, kata Apran menambahkan.

Terpopuler