Arus Gerbang Tol Cikampek ke Pantura Lancar

Red: Djibril Muhammad

Rabu 15 Aug 2012 15:39 WIB

Tol Cikampek Tol Cikampek

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG - Arus lalu lintas kendaraan pemudik dari gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menuju jalur Pantura lancar dan tidak terjadi kepadatan kendaraan yang berarti pada H-4 lebaran 2012, Rabu (15/8) siang.

Pantauan ANTARA, mulai Rabu pagi tadi pihak gerbang Tol Cikampek sudah menambah pintu untuk kendaraan yang keluar gerbang Tol Cikampek, menyusul tingginya kendaraan yang melintas menuju jalur Pantura pada Rabu pagi, dan memasuki siang hari arus lalu lintas secara perlahan berkurang.

Meski demikian, kendaraan pemudik yang melintasi gerbang tol Cikampek menuju pertigaan Mutiara cukup lancar pada Rabu siang. Meski sempat terjadi kepadatan, kondisi itu tidak mengakibatkan kemacetan yang berarti.

Kasatlantas Polres Karawang, AKP Wadi Sa'bani, mengatakan, di pertigaan Mutiara, petugas beberapa kali melakukan sistem buka-tutup antara melintasi jalan raya By Pass Jomin atau melintasi Pasar Cikampek untuk sampai ke Simpang Jomin.

Menurut dia, sistem tersebut akan terus diberlakukan selama musim mudik lebaran untuk mengatasi penumpukan kendaraan di sekitar Simpang Jomin.

Dalam mengatasi penumpukan di Simpang Jomin, petugas juga memberlakukan sistem "contra flow" atau penambahan lajur pada jalur Pertigaan Mutiara menuju Simpang Jomin dan memberlakukan satu lajur pada jalur sebaliknya.

Arus lalu lintas dari beberapa titik wilayah Karawang dan gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura mengalami peningkatan kendaraan setiap dini hari, pagi, dan menjelang tengah malam.

Terpopuler