Jalur Pintu Keluar Tol Cikampek Dialihkan ke Sadang

Rep: Andhi Iqbal/ Red: M Irwan Ariefyanto

Rabu 15 Aug 2012 00:54 WIB

pem Foto: Wihdan Hidayat pem

REPUBLIKA.CO.ID,CIKAMPEK -- Pihak Kepolisian Daerah (Polda) Jabar, mulai menginstruksikan para petugas posko Cikopo melakukan pengalihan jalan ke Sadang. Peningkatan volume kendaraan yang melintas malam ini, menjadikan momentum buka tutup jalan sebagai program uji coba.

Menurut pantauan ROL, kondisi lalu lintas di sepanjang jalur Simpang Mutiara hingga Cikopo ramai. Kepadatan tersebut lebih didominasi oleh kendaraan pribadi. Kondisi seperti ini memang kerap kali terjadi pada malam hari.

Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polres Purwakarta, Kompol Ridwan Efendy mengatakan, buka tutup pengalihan jalan sementara ini hanya dilakukan dalam kurun hitungan menit. Pasalnya, untuk malam ini, pihak kepolisian hanya melakukan uji coba. "Pertemuan arus motor di Cikalong jadi penyebab kemacetan," kata Ridwan pada ROL.

Ridwan juga menyatakan, untuk saat ini, kendaraan yang diarahkan ke jalur tengah tergolong beruntung. Karena, kondisi lalu lintas disana masih relatif lancar dibandingkan ke arah Subang. Ridwan menjelaskan, dari informasi yang diterima, ujung antrean sudah sampai melewati Simpang Mutiara.

"Nanti, kalau antrian di Simpang Mutiara lancar, kami akan arahkan kembali menuju Subang," kata Ridwan.

Pantauan ROL, ruas jalan Cikopo menuju Purwakarta sudah semakin menyempit, pengambilan alih jalur ke arah Subang terlihat lebih dimaksimalkan, sehingga tiga jalur tersedia bagi pemudik yang melintasi jalan tersebut.

Sampai saat ini, beberapa truk-truk terlihat masih ikut memadati jalan. Walau jumlahnya berkurang, namun keberadaan kendaraan tersebut memicu kemacetan. "Seusai peraturan dari Dirjen Perhubungan Darat, H-4 truk tidak boleh melintas!," ucap Ridwan menegaskan.

Terpopuler