SPBU Buka 24 Jam di Jalur Mudik

Red: Chairul Akhmad

Selasa 14 Aug 2012 19:45 WIB

 Kesibukan di salah satu SPBU. Foto: Antara/Zabur Karuru Kesibukan di salah satu SPBU.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU – Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulawesi Tengah menyatakan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di jalur mudik akan buka selama 24 jam.

“Dinas ESDM bersama tim satuan tugas bahan bakar minyak akan melakukan pengawasan dalam rangka antisipasi persiapan menghadapi Lebaran, salah satunya terhadap aktivitas SPBU, kata Kepala Dinas ESDM Sulawesi Tengah, Saliman Simanjuntak, Selasa (14/8).

Menurut Saliman, antisipasi dan persiapan menghadapi Lebaran tersebut harus dilakukan guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, khususnya mereka yang akan melaksanakan Lebaran dan mudik.

Menghadapi Lebaran tersebut Pertamina akan meningkatkan ketahanan stok bahan bakar minyak (BBM) mengingat kebutuhan bahan bakar akan meningkat tajam. Ketahanan stok tersebut tidak saja di terminal BBM, namun juga stok di lembaga penyalur.

Pertamina diharapkan dapat menambah jam operasional dan keandalan terminal BBM. "Dari sisi stok tidak ada masalah, karena stok kita selalu tersedia untuk 19 hari," kata Saliman.

Dia meminta agar masyarakat tidak panik jika mendapat informasi terjadi kelangkaan bahan bakar minyak. Kelangkaan BBM tersebut, kata Saliman, dapat terjadi jika ada penimbunan, kepanikan masyarakat, penyimpangan dan gangguan alam terhadap kapal tangker dalam penyaluran BBM.

Terpopuler