Ingin Bugar Selama Mudik? PAN Siagakan 50 Posko Pemudik

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Heri Ruslan

 Selasa 14 Aug 2012 04:45 WIB

Posko Mudik PAN Merakyat Foto: dokrep Posko Mudik PAN Merakyat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain memberangkatkan ribuan pemudik, Partai Amanat Nasional (PAN) juga menyiapkan posko mudik yang tersebar di berbagai kota. Di posko-posko tersebut juga akan digelar pembagian paket sembako gratis bagi rakyat yang membutuhkan.

"Keseluruhan ada 50 posko mudik yang tersebar di lokasi-lokasi strategis di seluruh jalur mudik nasional. Setiap posko akan dibuka 24 jam sejak dimulainya arus mudik hingga arus balik pasca lebaran," kata Bendahara Umum PAN, Jon Erizal saat memantau persiapan posko mudik PAN di Karawang, Jawa Barat, Senin (13/8).

Ketua Umum DPP Penegak Amanat Reformasi Rakyat (PARRA) Indonesia, Rusli Halim, menjelaskan, ke-50 posko pemudik tersebut terdiri atas tujuh posko utama, 13 posko pembantu, dan 30 pasko bayangan. Posko utama ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti Pelabuhan Merak, Bekasi, Cikopo Jomin, Nagrek, Palimanan, Losari-Brebes, dan Batang. Sedangkan posko pembantu dan bayangan tersebar di seluruh kota di Tanah Air.

"Kali ini kami mengutamakan pelayanan bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua. Karena, mereka inilah yang paling membutuhkan bantuan demi keselamatan mereka dalam perjalanan," tutur Rusli.

Untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara, lanjut dia, posko mudik PAN menyediakan berbagai macam fasilitas selain tempat istirahat. Di antaranya, pijat refleksi, bengkel darururat, P3K, hidangan rakyat, dan toilet.

"Kami menyiapkan tempat menyusui bagi para pemudik yang membawa serta bayi mereka. Selain melayani para pemudik, kami juga memberikan pelayanan bagi warga sekitar melalui pembagian sembako gratis," imbuhnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X