Periksa Kesehatan Gratis di Terminal Kampung Rambutan

Rep: mg06/ Red: Hazliansyah

Senin 13 Aug 2012 22:17 WIB

Suasana terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Jumat (10/8). Menjelang arus mudik Lebaran, pihak Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kampung Rambutan melakukan persiapan demi kenyamanan dan keamanan pemudik. Beberapa persiapan yang dilakukan adalah Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto Suasana terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Jumat (10/8). Menjelang arus mudik Lebaran, pihak Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kampung Rambutan melakukan persiapan demi kenyamanan dan keamanan pemudik. Beberapa persiapan yang dilakukan adalah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghadapi musim mudik tahun 2012, Pengelola Terminal Kampung Rambutan telah melakukan berbagai persiapan. Satu yang telah berdiri dan beroperasi adalah fasilitas posko kesehatan.

Posko yang memberi layanan gratis ini merupakan kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta dengan Dinas Kesehatan dan selalu hadir tiap tahunnya.

"Posko ini rutin setiap tahunnya, karena kan perintah dari Pemprov DKI Jakarta juga," papar dr. Sulistiyaningsih, salah satu dokter yang bertugas di Posko Kesehatan Terminal Kampung Rambutan, Senin (13/8).

Setiap harinya, posko banyak menerima pasien dengan berbagai keluhan. Namun yang terbanyak, ujar Sulistyaningsih adalah penyakit darah tinggi.

Di posko ini pemudik dapat beristirahat dan mendapat perawatan serta obat yang dibutuhkan. "Tidak hanya dari pemudik, pedagang, siapapun boleh untuk cek kesehatan di sini," jelasnya.

Tidak hanya Dinas Kesehatan, pengelola juga bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN). Pemeriksaan yang dilakukan adalah gula darah, tekanan darah, penggunaan alkohol serta amphetamin atau sabu-sabu.

"Sebenarnya bukan hanya sopir, pengunjung yang mencurigai juga akan tes urine," jelasnya.

Untuk saat ini posko hanya buka hingga pukul 18.00. Namun mulai tanggal 16 Agustus sampai 22 Agustus posko akan dibuka 24 jam

Terpopuler