Cipanas Mulai Macet oleh Pemudik

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Dewi Mardiani

Senin 13 Aug 2012 15:53 WIB

Kemacetan jalur puncak Foto: www.budibach.com Kemacetan jalur puncak

REPUBLIKA.CO.ID, CIPANAS -— Memasuki H-6 Idul Fitri 1433 Hijriah, belasan bus besar terlihat memadati ruas jalan Cipanas, Kabupaten Cianjur Sejak Senin (13/8) selepas sahur. Pantauan di lapangan, dari atribut yang menempel pada badan bus, tampak bus-bus ini adalah rombongan mudik gratis yang diselenggarakan suatu perusahaan.

Rombongan bus ini secara teratur keluar dari jalur Puncak Kabupaten Bogor. Menilik dari plat nomor yang digunakan, tampaknya bus-bus ini akan mengarah ke Provinsi Jawa Tengah dan sekitarnya. Bus-bus ini melintasi jalan dengan beriringan, sehingga menyebabkan pengendara di belakangnya sulit menyusulnya. Di sisi lain, rombongan bus ini melaju lambat.

Hal tersebut terjadi hingga lepas pukul 06.00 WIB di jalan Cipanas ini, beberapa saat jalan tampak lengang kembali. Namun sayang, kemacetan kembali terjadi di jalan tersebut seiring aktivitas warga sekitar.

Angkutan umum yang menunggu penumpang di badan jalan masih menjadi momok penyebab kemacetan. Ditambah kegiatan warga di penghujung pasar yang keluar-masuk pasar menghalangi pengendara dalam melintasi jalan ini. Hal ini juga diperparah dengan pengendara roda empat yang kebingungan memilih jalan. Hal ini terjadi, meski sudah ada rambu penunjuk arah yang jelas bagi pengguna jalan.

Di beberapa persimpangan jalan Cipanas, seperti arah Sukabumi dan Bandung, terlihat ramai lancar. Sampai Senin (13/8) siang ini, aktivitas mudik baru terlihat dengan adanya kepadatan pengguna kendaraan bermotor.

Terpopuler