H-7, Jalinsum di Lampung Mulai Berfungsi

Red: Djibril Muhammad

Selasa 07 Aug 2012 21:47 WIB

Jalimsum, Lampung Foto: antaralampung.com Jalimsum, Lampung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) ruas jalan by pass Soekarno-Hatta, Bandarlampung, Provinsi Lampung pada H-7 Lebaran 2012 mulai fungsional sehingga arus mudik yang melintas jalan tersebut lancar.

"Perbaikan jalan by pass Soekarno-Hatta, Bandarlampung, telah dilakukan beberapa waktu lalu sehingga arus kendaraan yang melintas jalan nasional itu saat mudik Lebaran 2012 tidak terganggu," kata Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Lampung, Arief Hidayat, di Bandarlampung, Selasa (7/8).

Ia menjelaskan perbaikan itu hanya bersifat sementara, seperti melakukan pemadatan jalan yang berlubang dan sudah merata di sepanjang ruas jalan tersebut. "Jalan itu belum dilapisi aspal hotmix dan nanti pada H-7 jalan tersebut dilapisi aspal," katanya menegaskan.

Terkait dengan banyaknya debu setelah perbaikan jalan tersebut, kata dia, disebabkan oleh material untuk pemadatan jalan yang berlubang sehingga cukup menganggu kenyamanan pengguna jalan.

Menurut dia, biaya perbaikan sementara jalan tersebut sepenuhnya ditanggung oleh perusahan pemenang tender kontrak pengerjaan perbaikan dan pelebaran Jalinsum sepanjang 18,1 kilometer.

Arief menjelaskan, saat ini kondisi Jalinsum Bandarlampung cukup baik jika dibandingkan dengan beberapa bulan lalu karena telah dilalukan perbaikan meskipun bersifat sementara.

"Sambil menunggu kontrak Bank Dunia turun, perbaikan sementara telah dilakukan oleh kontraktor. Setelah kontrak ditandatangi, jalan lama dibongkar menjadi jalan baru sesuai dengan perencanaan yang telah disepakati," kata dia.

Jalinsum sepanjang 18 kilometer dari Rajabasa--Panjang di Kota Bandarlampung itu rencananya akan diperbaiki pada tanggal 10 Juli 2012. Namun, belum terealisasi.

Di sisi lain, dia juga memastikan secara umum jalan lintas Timur Sumatera, lintas Barat Sumatera, dan lintas Tengah Sumatera di Provinsi Lampung, saat ini kondisinya relatif cukup baik.

Menurut dia, terdapat sejumlah ruas jalan yang rusak tetapi tidak berat, dan tidak mengganggu arus mudik maupun balik Lebaran.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Lampung telah meminta agar Kementerian Pekerjaan Umum (PU) segera melakukan perbaikan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di daerahnya untuk mengantisipasi kepadatan pengguna jalan pada arus mudik dan balik Lebaran 2012.

Jalan itu, pada seminggu sebelum (H-7) Lebaran 2012 ini, sudah harus layak untuk dilintasi oleh pengguna jalan, khususnya para pemudik.

Terpopuler