Jelang Mudik, Calo pun Berkeliaran di Bandara

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Hafidz Muftisany

Selasa 07 Aug 2012 14:30 WIB

Penertiban Calo Bandara Foto: Antara Penertiban Calo Bandara

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Calo tiket masih berkeliaran di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Selasa (7/8) walau sudah dilakukan razia calo dan terdapat spanduk peringatan untuk calo terpasang di Bandara. Calo-calo tetap saja beredar dan berjualan disana.

Demikian hasil pengamatan dan wawancara Republika. Dari pantauan Republika sejumlah calo terlihat masih beredar di Terminal Satu Bandara Soekarno Hatta. Mereka menawarkan jasanya kepada orang-orang yang melintas di depan gerbang keberangkatan.

Seorang pengunjung Bandara, Fajar Salman (26 tahun), mengatakan hal ini sudah jamak terjadi. Menurut dia walaupun razia dilakukan terus menerus calo-calo tidak akan berhenti.

“Calo tidak akan pensiun,” kata dia. Dia menyarankan hukuman harus diperberat agar para calo jera.

Hal yang senada juga terjadi pada seorang pengunjung lainnya. Kehadiran para calo merugikan para konsumen. Seharusnya dibuat suatu sistem dan hukuman agar calo tersebut jera.

Seorang pengunjung lainnya, Rully Adrian (28 tahun), mengeluhkan kegiatan calo yang memborong tiket agar para konsumen beralih kepada para calo tersebut. Dia berujar kegiatan ini sudah jamak terjadi setiap lebaran. “Tiap menjelang lebaran itulah harinya para calo,” ujar dia.

Walaupun pernah tidak mendapat tiket pulang kampung saat lebaran tidak membuat Rully membeli tiket ke calo. Menurut dia masih banyak alat transportasi lainnya yang bisa menggantikan. Walaupun begitu dia  kesal ketika tiket habis dan para calolah yang punya tiketnya.

Terpopuler