Hari Pertama Kerja, Pegawai Swasta Pun Banyak yang Izin

Rep: Agus Raharjo/ Red: cr01

Senin 05 Sep 2011 20:27 WIB

Sejumlah pemudik berjalan keluar terminal saat tiba seusai naik bus angkutan lebaran dari berbagai daerah di Terminal Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (3/9). Foto: Antara/Reno Esnir Sejumlah pemudik berjalan keluar terminal saat tiba seusai naik bus angkutan lebaran dari berbagai daerah di Terminal Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (3/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Hari pertama aktif kerja, Senin (5/9), masih banyak yang sengaja tidak masuk kantor. Bukan hanya PNS, tapi juga pada sektor swasta.

Seorang pemudik asal Pati, Putri, mengatakan dirinya sebenarnya sudah masuk kerja hari ini, tapi dia izin. Wanita yang bekerja di salah satu kantor di Jakarta Pusat itu terpaksa izin karena keterlambatan bus. "Bus yang saya tumpangi baru berangkat pukul 21.00 WIB malam dari Pati. Seharusnya saya berangkat pukul 16.00 sore," tuturnya, ketika ditemui di Terminal Bus Lebak Bulus, Senin (5/9).

Di lain pihak, Armen, pegawai swasta yang lain, mengungkapkan dirinya sengaja tidak aktif hari ini, karena ingin silaturahim dengan keluarga yang ada di Jakarta. Berbeda dengan Putri, Armen sudah mengambil jatah cuti untuk hari ini.

Hal yang sama juga dialami oleh Ery, salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang sengaja mengambil jatah cuti hingga hari Rabu depan. Ery ingin lebih lama bersama keluarga selain menghindari kemacetan saat kembali ke Jakarta. "Hari Senin saya masih ingin silaturahim. Jadi kembali ke Jakarta hari Rabu," ujarnya.

Menurut Kepala Terminal Lebak Bulus, FK Wowor, Senin (5/9) ini memang belum terjadi puncak arus balik. Perkiraan arus balik menurut dia justru akan terjadi hari Selasa, (6/9).

Terpopuler