Ahad Ini, Puncak Arus Balik Pemudik Kereta dari Surabaya

Rep: C01/ Red: Didi Purwadi

Ahad 04 Sep 2011 08:24 WIB

Calon Penumpang jatuh saat berjejal memasuki kereta api Mataremaja jurusan Jakarta-Malang di Stasiun Senen, Jakarta, Ahad (28/8). Foto: Republika/Tahta Aidilla Calon Penumpang jatuh saat berjejal memasuki kereta api Mataremaja jurusan Jakarta-Malang di Stasiun Senen, Jakarta, Ahad (28/8).

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA - Puncak arus balik pemudik dengan kereta api (KA) dari Surabaya akan terjadi Ahad (4/9) ini. Kepadatan penumpang diperkirakan bisa berlanjut hingga Senin (5/9).

"Hingga hari ini (4/9), semua KA jurusan Jakarta baik kelas ekonomi, bisnis, ekskutif telah penuh. Diperkirakan akan terjadi puncak kepadatan pemudik," ujar Asisten eksternal relation manager PT KAI Daops 8, Herry Winarno, Ahad.

Kepadatan penumpang diprediksi tidak hanya untuk KA jurusan Jakarta atau Bandung. Untuk Kereta Rel Diesel (KRD) yang melayani rute jarak pendek juga bakal penuh. Pun dengan kereta jarak menengah seperti kereta api jurusan Surabaya-Yogyakarta. "Semua tiket KA ekonomi reguler untuk jurusan Jakarta sudah habis dipesan hingga tanggal 7 September," imbuh Herry.

Arus balik mulai terlihat di sejumlah stasiun di Surabaya pada Jumat (2/9) lalu. Bahkan, ratusan calon penumpang KA ekonomi sempat tidak kebagian tiket, Sabtu (3/9). "Penumpang untuk arus balik bisa sampai H+5," ungkapnya.

Penjualan tiket KA ekonomi reguler untuk arus balik hingga Sabtu kemarin telah terjual sekitar 90 persen. Meski demikian, calon penumpang masih bisa memanfaatkan KA ekonomi tambahan Lebaran yakni KA Kertajaya jurusan Surabaya-Jakarta. Sementara, KA ekskutif masih tersedia sekitar 40 persen tempat duduk.

Terpopuler