Puncak Arus Balik di Terminal Pulo Gadung Diprediksi H+5

Rep: C05/ Red: Didi Purwadi

Jumat 02 Sep 2011 14:43 WIB

Suasana arus mudik di Terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur, mulai terasa, meski belum melonjak, Jumat (19/8). Lonjakan arus mudik di terminal antarprovinsi ini terjadi pada H-4. Foto: Republika/Imam Budi Utomo Suasana arus mudik di Terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur, mulai terasa, meski belum melonjak, Jumat (19/8). Lonjakan arus mudik di terminal antarprovinsi ini terjadi pada H-4.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Arus balik ke Jakarta, terutama dari Terminal Pulo gadung, diprediksi akan mencapai puncaknya di hari kelima lebaran atau Ahad (4/9). Namun begitu, pihak terminal tetap bersiaga menyiapkan sarana dan prasarana bagi penumpang yang tiba.

Kepala Terminal Antar Kota Pulo Gadung, Muhammad Nur, menyatakan arus balik sudah mulai terlihat. "Namun, puncaknya kami prediksi lebaran kelima atau ke empat lah," ujarnya yang ditemui Republika di kantornya di kompleks Terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jumat (2/9).

Muhammad memprediksi Ahad (4/9) sebagai puncak arus balik karena biasanya pegawai sudah mulai masuk pada minggu selanjutnya. "Jadi, sabtu atau minggu pasti banyak-banyaknya yang balik ke Jakarta," kata Nur,

Jam paling ramai ketika para penumpang bus antar kota antar propinsi tiba itu tergantung pada jarak yang ditempuh bus. "Biasnya ada dua kali waktu pas ramai," ujarnya.

Untuk bus yang mengangkut penumpang jaraknya jauh sekali, biasanya bus akan tiba di terminal kedatangan ini pada waktu pagi hari. Jamnya sekitar waktu subuh. "Itu untuk bus yang dari Jawa Tengah, Yogja, dan Jawa Timur," tuturnya.

Namun, untuk bus yang menempuh jarak tak begitu jauh seperti Cirebon atau Kuningan, kebanyakan bukan tiba saat subuh. "Kalau yang jarak dekat, banyak yang tiba saat sore hari," ujarnya.

Terpopuler