Pemudik Masih Melintasi Pantura Jateng

Red: cr01

Rabu 31 Aug 2011 19:14 WIB

Pemudik bermotor melintas di kawasan jalur Pantura dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Foto: Antara/Puspa Perwitasari Pemudik bermotor melintas di kawasan jalur Pantura dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, PEMALANG – Beberapa pemudik menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi masih terlihat melintasi jalur pantai utara (Pantura) Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah bertepatan dengan Idul Fitri 1 Syawal 1432 Hijriah, Rabu (31/8).

"Saya berangkat dari Bandung sekitar pukul 10.00 WIB, setelah shalat Ied dan bersilaturahim ke kerabat dan tetangga di Bandung, kami sekeluarga langsung mudik ke Ungaran, Jawa Tengah," kata seorang pemudik, Rudin (43), saat ditemui di SPBU Pemalang.

Pemudik tujuan Ungaran, Kabupaten Semarang, tersebut mengaku sengaja mudik ke kampung halaman pada hari Rabu untuk menghindari kemacetan di jalur Pantura yang kerap terjadi saat arus mudik atau beberapa hari sebelum Lebaran.

"Kami sekeluarga sudah tiga kali Idul Fitri mudik pada hari pertama lebaran, karena jika pulang kampung menjelang lebaran dipastikan akan terjebak macet di sepanjang jalur Pantura," kata Rudin.

Berdasarkan pengalamannya beberapa tahun lalu, bila pulang pada hari H, suasana jalan raya sepi. Sehingga perjalanan lebih santai, nyaman, dan tidak berdesak-desakan dengan kendaraan pemudik lain. Sepanjang perjalanan dari Bandung, arus lalu lintas lancar. Sehingga kalau tidak ada kendala di jalan, paling lambat sekitar pukul 20.00 WIB Rudin sudah sampai di Semarang.

Pemudik lainnya, Abidin (52), mengaku mudik pada hari pertama lebaran karena usai shalat Idul Fitri ada acara keluarga. Sehingga baru berangkat ke kampung halamannya pada Rabu siang. "Tapi mudik pada hari pertama lebaran ada untungnya, karena kondisi jalan sudah lengang dan lancar sehingga perjalanan tidak tersendat akibat kemacetan di pantura," kata pemudik yang berangkat dari Kebon Jeruk, Jakarta itu.

Ia menilai arus lalu lintas di sepanjang jalur Pantura relatif lancar. Hanya beberapa titik di Jawa Barat terjadi kepadatan arus kendaraan, terutama di jalur menuju pusat kota akibat lalu lalang warga setempat.

Memasuki Jawa Tengah, katanya, arus kendaraan lancar bahkan di beberapa titik yang kerap terjadi kemacetan saat arus mudik, pada Rabu tidak terlihat adanya kepadatan kendaraan. Bahkan kondisi jalur Pantura relatif sepi.

Pantauan di jalur Pantura Pemalang-Pekalongan Jawa Tengah, arus kendaraan dari arah barat ataupun timur yang melintas di jalur utama Jakarta-Surabaya tersebut terlihat lancar.

Terpopuler