Jalur Pantura Jateng Lengang

Red: Djibril Muhammad

Selasa 30 Aug 2011 13:25 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES - Arus kendaraan di jalur pantai utara (pantura) Brebes hingga Pekalongan, Jawa Tengah pada H-1 Lebaran, terlihat lengang bahkan aktivitas lalu lintas di sepanjang jalur utama tersebut lebih sepi dari hari biasa.

"Arus kendaraan yang keluar ataupun masuk melalui Tol Pejagan sudah normal, bahkan jumlah kendaraan yang melintas di jalur Pantura Jawa Tengah lebih sedikit dibanding hari biasa," kata Petugas Pos Pam Exit Tol Pejagan, Bripta Winardi, di Brebes, Selasa (30/8).

Menurut dia, arus lalu lintas di sepanjang jalur Pejagan hingga pertigaan Pantura Brebes sejak Senin pagi tidak lagi tersendat akibat kepadatan kendaraan, arus lalu lintas di jalur rawan kemacetan tersebut sudah lancar dan tidak seramai tiga-dua hari lalu.

"Pada beberapa hari lalu arus kendaraan di jalur Pejagan sempat tersendat hingga tiga kilometer, namun sejak Senin pagi jumlahnya jauh berkurang," katanya.

Sementara itu, sepanjang jalur Pantura Jawa Tengah mulai dari perbatasan Cisanggarung Brebes hingga Pekalongan, arus lalu lintas terpantau sepi, iring-iringan kendaraan pemudik menggunakan mobil pribadi ataupun sepeda motor tidak lagi terlihat di sepanjang jalur utama Pantura Jateng tersebut.

Sejumlah titik rawan kemacetan antara lain di Pasar Bulakamba, tanjung, pertigaan Pejagan, Jembatan Pemali, Pasar Induk Brebes, perempatan Maya Tegal, serta jalur lingkar utara Pemalang tidak lagi adanya antrean kendaraan, bahkan cenderung sepi.

Berdasarkan data penghitungan di Pos Pam Blandong, Pemalang, volume kendaraan yang melintas di jalur pantura sudah turun 300 persen lebih di banding pada H-4 hingga H-2 Lebaran yang mencapai lebih dari tiga ribu unit kendaraan per jam melintas di jalur tersebut.

Salah seorang pemudik, Susanto (35), mengaku sengaja pulang pada H-1 Lebaran karena kondisi jalan sudah sepi sehingga tidak khawatir terjebak kemacetan menuju kampung halaman.

"Biasanya saya mudik setelah Shalat Id, namun karena hari Lebaran digeser Rabu, maka saya pulang sekarang karena arus lalu lintas di pantura sudah sepi," katanya.

Menurut pemudik dari Indramayu tujuan Kabupaten Batang, Jawa Tengah tersebut, selama perjalanan sepanjang jalur Pantura Indramayu, Jawa Barat hingga Pemalang, Jawa Tengah tidak ada kepadatan arus lalu lintas, bahkan suasana jalur pantura lebih sepi dari hari biasa.

"Mungkin karena sebagian umat Islam sudah ada yang merayakan Idul Fitri hari ini, sehingga suasana jalur pantura sepi kendaraan," katanya.

Terpopuler