Acara Mudik Bareng Meningkat Sekitar 30 Persen

Rep: Irfan Fitrat/ Red: cr01

Selasa 30 Aug 2011 19:39 WIB

Menteri Perhubungan Freddy Numberi (kiri) bersama Direktur Utama BNI Gatot Suwondo (kanan) melepas rombongan mudik bareng BNI di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8). Foto: Antara/Yudhi Mahatma Menteri Perhubungan Freddy Numberi (kiri) bersama Direktur Utama BNI Gatot Suwondo (kanan) melepas rombongan mudik bareng BNI di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pada masa mudik lebaran tahun ini, jumlah penyelenggara mudik bareng di Jakarta bertambah. Peningkatannya hingga mencapai 30 persen. "Meningkat dibandingkan tahun lalu," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono, Selasa (30/8).

Ia mengatakan, penjumlahan total mudik bareng ini akan dilakukan setelah masa lebaran. Namun  peningkatan mudik bareng ini bisa mencapai 20-30 persen.

Berdasarkan data tahun lalu, ada 14 perusahaan yang menggelar mudik bersama di Jakarta. Secara keseluruhan untuk mudik bersama tahun lalu dikerahkan 1.425 armada bus yang mengangkut 69 ribu penumpang. Untuk tahun ini jumlahnya lebih banyak dan semua mudik bareng sudah diselenggarakan, terakhir Sabtu (27/8).

Udar cukup setuju dengan banyaknya penyelenggaraan mudik bareng, karena acara mudik bersama itu dapat mengurangi beban penumpang di terminal. "Selain itu, penyelenggaraan mudik bersama pun dapat membantu menekan pemudik yang menggunakan sepeda motor. Saya mendukungnya," katanya.

Terpopuler