Mobil Pribadi Mengalir di Tol Cikampek

Red: Djibril Muhammad

Selasa 30 Aug 2011 14:36 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, CIKOPO, PURWAKARTA - Arus mudik pada H-1 Lebaran 2011 di jalan tol Jakarta-Cikampek terus mengalir, dan sebagian besar kendaraan berduyun-duyun menuju pantai utara, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, sepanjang Selasa (30/8) siang.

ANTARA melaporkan, di sepanjang jalur Cikopo-Jomin pun terjadi antrean panjang, dan sesekali laju kendaraan tersendat. "Arus mudik meningkat sejak pukul 10.00 WIB, setelah pagi harinya dalam keadaan sepi," ujar Aipda Dedi Satibi, petugas jaga di Pos Cikopo, Kabupaten Purwakarta.

Kepadatan kendaraan di jalan tol Jakarta-Cikampek pada sehari menjelang Lebaran itu didominasi mobil pribadi. Kendaraan terus mengalir lewat 13 gardu yang dioperasikan di gerbang tol Cikopo.

Pihak Jasa Marga memperkirakan kepadatan di tol Cikampek tidak akan surut hingga dua hari ke depan, karena suasana Lebaran. "Pada hari 'H' Lebaran, tol Cikampek dipadati kendaraan jarak dekat atau lokal," ujar seorang petugas di gerbang tol Cikopo.

Sementara itu, dari pantauan arus lalu lintas di jalur Pantura, Jabar menjelang Lebaran yang ditetapkan pemerintah pada Rabu (31/8) itu dalam kondisi normal, meski kendaraan tetap ramai, mulai dari Cikalongsari (Karawang) hingga Pamanukan (Subang) itu.

Jalur Pantura 'hanya' disibukkan oleh mobil-mobil pribadi dan sepeda motor, sedangkan bus-bus tujuan Jeteng dan Jatim, sangat jarang melintas. Sementara itu, Kepolisian Resor (POlres) Purwakarta, telah menyiapkan jalur alternatif arus balik tujuan Jakarta dan sekitarnya.

Kabah Ops Polres Purwakarta, Kompol Ridwan, menyebutkan jalur altenatif yang telah dipersiapkan untuk tujuan Jakarta dari Purwakarta, yakni poros Haji Iming-Curug, untuk seterusnya ke Karawang.

"Terutama untuk sepeda motor, dan kendaraan lainnya dari arah Bandung yang melewat jalan arteri Padalarang-Purwakarta," katanya.

Jalur alternatif lainya di Purwakarta yakni poros Cikopak-Kawasan Kota Bukit Indah (KBI), mengantisipasi penumpukan di perempatan Sadang. Ridwan mengatakan, pengamanan juga akan diperketat di jalur-jalur ke atau dari tempat rekreasi, seperti jalur Wanayasa-Purwakarta, akses utama dari tempat rekreasi Ciater dan Tangkuban Perahu, Subang.

Terpopuler