Jalur Alternatif Sumedang Ramai Lancar

Rep: c02/ Red: Agung Vazza

Ahad 28 Aug 2011 11:57 WIB

Pemudik motor. Ilustrasi Foto: Republika/Aditya Pradana Putra Pemudik motor. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGSARI -- Jalur mudik Bandung-Sumedang ramai lancar. Bagi pemudik arah Sumedang atau arah Garut dan Tasikmalaya yang tidak ingin terjebak macet di jalur Nagreg dapat memilih jalur ini.

Petugas di Pos Gatur Citalik, Briptu Apep Rodiansyah mengatakan jalur Bandung-Sumedang sejak semalam relatif lancar. Kemacetan justru terjadi di wilayah Nagreg. "Tapi di sini arus ke arah Bandung juga sama ramainya," kata dia kepada Republika, Ahad (28/8).

Satu-satunya kendala yang dialami warga ketika melewati jalur ini adalah tersendatnya arus lalu lintas di Pasar Tanjungsari. Setelah itu warga dapat melanjutkan perjalanan dengan tenang karena jarak antara satu mobil dan mobil lain cukup longgar.

Kemacetan yang diakibatkan pasar Tanjungsari mencapai Desa Cikuda, Jatinangor. Akan tetapi apabila pemudik yang melalui Bandung tidak ingin berlama-lama terjebak macet dapat mengambil jalur alternatif di Desa Cimulya, Jalan Tanjungsari km 24. Jalur ini akan membawa pengendara bermotor menuju alun-alun Tanjungsari dan melewati pasar sehingga tidak terjebak macet.

Jalur alternatif ini merupakan inisiatif dari warga setempat. Namun karena jalan yang sempit, jalur ini hanya disarankan untuk mobil-mobil kecil dan sepeda motor. "Jalannya sempit dan banyak anak kecil. Jadi tidak boleh lewat mobil besar," ujar salah seorang warga yang bertugas mengatur lalu lintas menuju jalan alternatif tersebut.

Tag :

Terpopuler