Jalur Tengah Jateng Dipadati Pemudik

Red: taufik rachman

Sabtu 27 Aug 2011 18:59 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,TEMANGGUNG--Pemudik mulai meramaikan jalur tengah di wilayah Jawa Tengah, antara Wonosobo dan Temanggung pada H-3 Lebaran 2011, Sabtu.

Kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua berpelat nomor B dan D terlihat meluncur dari arah barat. Bus antarkota antarprovinsi juga terlihat penuh membawa penumpang.

Penumpang dari Jakarta kebanyakan turun di bekas terminal lama Temanggung. Hingga Sabtu pagi puluhan bus sudah menurunkan sejumlah penumpang di kawasan tersebut. Di Terminal Madureso Temanggung juga terlihat peningkatan arus mudik.

Menurut petugas terminal, Wage Istanto, kebanyakan pemudik dari arah Semarang ke Purwokerto. Rata-rata bus sudah terisi penuh dengan kapasitas 55 orang penumpang.

"Pada H-3 ini jumlah penumpang bus meningkat. pada hari normal setiap bus rata-rata hanya mengangkut 35-40 penumpang. Hari ini, mungkin puncaknya arus mudik," katamya. Arus mudik juga mulai terasa di wilayah Kabupaten Magelang.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang Ismu Kuswandari mengimbau pemudik yang melintas di wilayah Magelang agar berhati-hati di sembilan titik rawan kemacetan, yakni Pasar Muntilan, Pasar Blabak, Pasar Secang, Pasar Grabag, Pasar Kaliangkrik, Pasar Bandongan, Pasar Krasak, dan Pasar Salaman.

"Berdasarkan pengalaman sebelumnya, titik kemacetan paling besar terdapat di Pasar Secang hingga daerah Sambung. Lebar jalan itu hanya tujuh meter sehingga rawan macet," katanya.

Terpopuler